Animo Peserta Tinggi, Panitia Kongres INI: Terpenting Aman dan Nyaman
Berita

Animo Peserta Tinggi, Panitia Kongres INI: Terpenting Aman dan Nyaman

Mayoritas bacaketum wilayah kerjanya berasal dari Jakarta.

Oleh:
NNP/FAT
Bacaan 2 Menit
Logo Ikatan Notaris Indonesia. Foto: www.ikatannotarisindonesia.or.id
Logo Ikatan Notaris Indonesia. Foto: www.ikatannotarisindonesia.or.id
Pelaksanaan Kongres XXI Ikatan Notaris Indonesia (INI) tinggal menghitung hari. Digelar tiga hari mulai 19-21 Mei 2016 di Palembang, pesta demokrasi tiga tahunan dalam memilih Ketua UmumPengurus Pusat (PP)INI periode 2016-2019 mendapat animo cukup tinggi dari para peserta Kongres. Ketua Kongres XXII INI, Kemas Abdullah mengatakan sekitar 2700-an notaris telah mendaftar perhelatan ini.

Namun, yang sudah konfirmasi datang dan telah membayar biaya pendaftaran sekitar 2.450-an peserta. “Artinya itu sudah ada yang daftar, tapi kemudian mengurungkan, itu bisa jadi. Yang jelas pendaftar sudah 2.700 lebih,” ujar Kemas saat dihubungi hukumonline, Selasa (17/5).

Ia mengatakan, bakal calon ketua umum (bacaketum) masih tetap berjumlah enam orang. Jumlah ini bisa berkurang apabila pada waktu sebelum pemilihan ada yang mengundurkan diri. Namun, untuk tambahan bacaketum, Kemas menegaskan tak akan bisa bertambah lantaran enam bacaketum yang ada merupakan keputusan dari Pra Kongres.

Dalam kongres kali ini, lanjut Kemas, panitia akan menggandeng pengamanan dari pihak kepolisian. Bahkan tak tanggung-tanggung panitia juga akan merekrut pihak pengamanan dari swasta. “Sesuai kebutuhan, kalau dari kepolisian itu kita yang mohon. Dibantu oleh pengamanan dari swasta juga,” tambahnya.

Menurut Kemas, keamanan dari personil kepolisian bukanlah pada ring 1 lokasi pemilihan. Hal ini dilakukan karena panitia tidak ingin menciptakan aroma ketegangan dalam kongres. Panitia mengedepankan keamanan sekaligus kenyamanan bagi para peserta kongres. “Yang penting aman dan nyaman,” katanya.

Ia berharap, perhelatan kali ini juga didukung oleh seluruh peserta yang hadir. Menurut Kemas, berjalan lancarnya kongres mencerminkan dari profesi mulia notaris itu sendiri. “Punya sikap terpuji lah sebaai notaris dan taat pada ART INI. Kita harap mereka tidak patuh kepada kehendak tapi patuh kepada aturan,” katanya.

Data 6 Bacaketum
Terdapat enam bacaketum PP INI periode 2016-2019 yang akan mengikuti kongres di Palembang nanti. Mayoritas wilayah kerja bacaketum berada di Jakarta. Berdasarkan alfabet, berikut sedikit data mengenai para bacaketum yang berhasil dihimpun hukumonline.

1.    Abdul Syukur Hasan
Syukur memiliki nomor identitas 002556 di PP INI. Pria kelahiran Tuban 53 silam ini memiliki nomor SK Notaris: C-95.HT.03.01-TH.1998 tertanggal 5 Juli 1998. Ia sekarang menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi PP INI. Ia tercatat memiliki Kantor Notaris & PPAT Abdul Syukur Hasan yang beralamat di Ruko Melati Mas Vista Blok A3 No. 16, Tangerang, Banten.

2.    Firdhonal
Pria lulusan program spesialis notaris Universitas Indonesia (UI) tahun 1995 ini memiliki nomor identitas di PP INI, 003712. Firdhonal merupakan pemilik dari Kantor Notaris & PPAT Firdhonal, SH yang beralamat Jl. BB No. 6 RT 008/RW 04 Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur, dengan tanggal SK Notaris 27 Januari 2003. Sekarang ia menjabat sebagai Ketua Bidang Publikasi dan Media Notariat PP INI.

3.    Herdimansyah Chaidirsyah
Pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran ini memiliki nomor identitas di PP INI 009638. Herdimansyah memiliki Kantor Notaris Herdimansya Chaidirsyah, SH yang beralamat di Jl. Pelepah Elok I Blok QA 2 No. 12 Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ia tercatat memiliki nomor SK Notaris C-1900.HT.03.02-TH.1999 tertanggal 22 November 1999. Sekarang ia tercatat sebagai Ketua Bidang Perundang-undangan PP INI.

4.    Julius Purnawan
Julius tercatat memiliki nomor identitas di PP INI 007361. Pemilik Kantor Notaris & PPAT Julius Purnawan SH., Msi ini beralamat di Jl. Tegal Parang Selatan, No. 139 A Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

5.    Risbert
Pria yang memiliki nomor identitas di PP INI 001317 ini tercatat memiliki nomor SK Notaris C-848.HT.03.02-TH1998 tertanggal 23 Desember 1998. Risbert merupakan pemilik dari Kantor Notaris & PPAT Risbert S Soeleiman SH. MH ini beralamat di Jl Wijaya II Komplek Wijaya Graha Puri Blok F/62A, Jakarta Selatan. Sekarang ia tercatat sebagai Ketua Bidang Dana & Kegiatan PP INI.

6.    Yualita Widyadhari
Wanita kelahiran Banjarmasin ini memiliki nomor identitas di PP INI 013779. Yualita tercatat memiliki nomor SK Notaris C-961.HT.03.02-TH.2002 tertanggal 5 Agustus 2002. Ia tercatat memiliki Kantor Notaris & PPAT Yualita Widyadhari SH yang beralamat di Gedung TCC Batavia Tower I Lantai 9 Suite 9 Jl. KH Mas Mansyur Kav. 126, Jakarta Pusat. Sekarang Yualita menjabat sebagai Sekretaris Umum PP INI.
Tags:

Berita Terkait