Wow! 7110 Calon PPAT Lulus Administrasi
Berita

Wow! 7110 Calon PPAT Lulus Administrasi

Selanjutnya para calon diminta untuk membayar tarif PNBP sebesar Rp1 juta.

Oleh:
FAT
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi ujian PPAT. Foto: NNP
Ilustrasi ujian PPAT. Foto: NNP
Panitia pelaksanaan ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Tahun 2016 telah mengumumkan jumlah calon PPAT yang lulus tahap administrasi. Dari hampir 10 ribu peserta yang mendaftar, sebanyak 7110 calon yang dinyatakan lulus oleh panitia. Hal itu dirilis oleh panitia sebagaimana dilansir dari laman resmi bpn.go.id.

Melalui pengumuman nomor 13/Peng-400.17/X/2016 tentang penetapan peserta ujian pejabat pembuat akta tanah tahun 2016, para calon PPAT yang dinyatakan lulus administrasi selanjutnya wajib membayar tarif PNBP sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 128 Tahun 2015 sebesar Rp1 juta.

Caranya, para calon meminta kode billing untuk pembayaran dan pembayaran ujian PPAT Tahun 2016 yang dibuka mulai hari ini, Kamis (27/10) jam 8 pagi sampai Senin (31/10) melalui aplikasi seleksi online. Hanya para calon peserta ujian PPAT yang telah dinyatakan lulus administrasi yang bisa login dan request kode billing.

Setelah membayar tarif PNBP, kemudian para calon peserta ujian PPAT wajib mengunduh dan mencetak Kartu Tanda Ujian PPAT Tahun 2016. Pencetakan kartu tersebut paling lambat hari Senin (31/10) jam 4 sore. (Baca Juga: Pesan Pejabat BPN Buat Calon PPAT: Jangan Cuma ‘Investasi Jabatan’)

Dalam pengumuman juga disebutkan apa saja yang wajib dibawa para calon peserta saat ujian. Panitia meminta para calon untuk membawa kartu identitas ujian berupa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu tanda peserta ujian. Apabila peserta tak membawa kartu tanda peserta ujian PPAT tahun 2016, maka tidak dapat mengikuti ujian dan panitia tidak akan melayani pencetakan kartu di lokasi ujian.

Untuk waktu ujian sendiri adalah hari Minggu tanggal 6 November 2016 dimulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Tempat ujian akan dilaksanakan di Universitas Tarumanegara, Gedung II Fakultas Ekonomi, Jalan S Parman Nomor 1 Jakarta Barat. Kemudian, di Universitas Trisakti, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik Industri, Jalan Kyai Tapa Nomor 1, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. (Baca Juga: BPN: Ujian PPAT 2016 akan Digelar Satu Hari Penuh)

Sedangkan informasi lebih detail tentang pembagian ruangan dan jadwal ujian akan diumumkan di kemudian hari di website resmi Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dalam pengumuman itu juga disebutkan kewajiban pakaian yang dipakai para peserta. Bagi peserta laki-laki, memakai kemeja lengan panjang berwarna putih polos dan celana panjang warna gelap. Sedangan peserta perempuan, mengenakan kemeja lengan panjang warna putih polos dan celana atau rok berwarna gelap polos.

Untuk materi ujian sendiri terbagi atas lima. Pertama, mengenai hukum pertanahan nasional dan organisasi kelembagaan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kedua, mengenai pendaftaran tanah. Ketiga, terkait peraturan jabatan PPAT. Keempat, pembuatan akta PPAT dan terakhir, kode etik profesi PPAT. (Baca Juga: Ini ‘Bocoran’ Kriteria Kelulusan Ujian PPAT)

Pengumuman ini dikeluarkan oleh Direktur Pengaturan dan Pendaftaran Hak Tanah, Ruang dan PPAT. Dan ditandatangani oleh Ketua Kepala Subdirektorat PPAT yang juga Wakil Ketua Panitia Pelaksanaan Ujian PPAT, Erna Sriyatmi.

Untuk lebih lengkapnya nama-nama peserta yang lulus ujian, silakan klik lampiran di tautan ini.
Tags:

Berita Terkait