BPN: Ujian PPAT 2016 akan Digelar Satu Hari Penuh
Berita

BPN: Ujian PPAT 2016 akan Digelar Satu Hari Penuh

Segera diinformasikan melalui situs resmi Kementerian ATR/BPN.

Oleh:
Nanda Narendra Putra/M-25
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS
Jadwal pelaksanaan ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) tahun ini sedikit mengalami perubahan. Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), R.B Agus Widjayanto mengatakan, bahwa  nantinya pelaksaan ujian PPAT akan ‘dipadatkan’ menjadi satu hari.

“Kita coba ranjang jadi satu hari. Ini dalam upaya supaya bisa mengoptimalkan anggaran supaya bisa semua ter-cover,” ujar Agus saat diwawancarai hukumonline di kantornya, Jumat (21/10).

Sebagaimana diketahui, Panitia Pelaksanaan Ujian PPAT dalam pengumumannya nomor 10/Peng-400.17/X/2016 tentang Pendaftaran Ujian PPAT Tahun 2016 menyatakan bahwa jadwal pelaksanaan ujian PPAT akan digelar selama dua hari pada Sabtu (5/11) dan Minggu (6/11). Tempatnya, di gedung II Fakultas Ekonomi kampus Universitas Tarumanegara Jakarta Barat. (Baca Juga: Hadapi Ujian PPAT? Yuk, Intip Kisi-Kisinya) 

Ditambahkan Agus, penyelenggaraan ujian PPAT menjadi satu hari penuh rencananya akan digelar pada hari Minggu, 6 November 2016. Ia mengatakan bahwa informasi perubahan tersebut akan segera di sampaikan melalui laman resmi Kementerian ATR/BPN di www.bpn.go.id. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa perubahan ini tak akan berdampak dari segi teknis penyelenggaraan.

Kata Agus, materi-materi yang akan diujikan tetap mengacu pada Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 31 Tahun 2016 tentang Tata Cara Ujian, Magang, dan Pengangkatan PPAT, antara lain Hukum Pertanahan Nasional dan Organisasi Kelembagaan Kementerian, Pendaftaran Tanah, Peraturan Jabatan PPAT, Pembuatan Akta PPAT, dan Kode Etik Profesi PPAT.

“Sama saja, cuma materi kita padatkan kemudian. Dulu materi berapa jam dalam satu hari, kita bagi hari ini apa. Kini, kita jadikan satu hari ini apa, tapi lebih efisien,” katanya menjelaskan.

Menambahkan Agus, Kasi PPAT Wilayah I DItjen Hubungan Hukum Keagrariaan pada Kementerian ATR/BPN, Sutoro mengatakan bahwa dari segi teknis pelaksaan juga tidak ada yang berubah. Kata Sutoro, ujian tetap dimulai sejak pukul 9 pagi hingga selesai. Namun demikian, jumlah soal kemungkinan dikurangi dan disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Sayangnya, Sutoro enggan membeberkan lebih lanjut mengenai berapa jumlah total soal dan bagaimana bentuk soal lebih lanjutnya. (Baca Juga: Resmi Ditutup, Jumlah Pendaftar Ujian PPAT Hampir 10 Ribu)

“Mulai tetap dari jam 9. Kualitas soalnya mungkin agak dikurangi,” kata Sutoro singkat.

Mesti Diumumkan Resmi
Dimintai tanggapannya, salah seorang peserta ujian PPAT, Primastika Sandi mengaku belum mendengar informasi berubahnya jadwal penyelenggaraan ujian. Setahu Tika –sapaan akrab Primastika-, jadwal ujian masih sama dengan seperti yang diinformasikan pada laman resmi Kementerian ATR/BPN. (Baca Juga: Ujian PPAT Tahun Ini Belum Komputerisasi, Begini Alasan BPN)

“Belum tau, kan harusnya tanggal 5 dan 6 kan. Terus berubah jadi satu hari gitu?,” kata Tika kepada hukumonline, Senin (24/10).

Tika mengaku cukup berat apabila lima materi yang diujikan akan dipadatkan menjadi satu hari penuh. Namun, bila nantinya benar-benar akan digelar satu hari penuh, mestinya materi yang akan diujikan bisa disesuaikan dengan ketersediaan waktu dalam satu hari tersebut.

“Harusnnya diumumkan di websitenya. Tapi setelah saya cek belum ada nih,” tutup Tika.
Tags:

Berita Terkait