Srikandi Hukum 2018

​​​​​​​Potret 15 Perempuan Tangguh di Sektor Hukum

​​​​​​​Masing-masing sosok memiliki cara tersendiri untuk melihat dunia hukum Indonesia dari kacamatanya sendiri.
Oleh:
Fathan Qorib
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS

Sebanyak 15 sosok perempuan tangguh yang berkecimpung di dunia hukum terpilih menjadi Srikandi Hukum 2018. Seluruhnya memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari pegawai negeri hingga penegak hukum. Dari bankir sampai aktivis. Tapi yang pasti, semuanya memiliki kelebihan dan tangguh di bidangnya masing-masing.

 

Mengangkat profil para perempuan yang masuk kategori Srikandi Hukum telah dilakukan Hukumonline sejak beberapa tahun belakangan. Beragam sosok dan profesi ramai menghiasi Srikandi Hukum tiap periode. Kali ini, merupakan kali ketiga bagi Hukumonline mengangkat profil para Srikandi Hukum Tanah Air.

 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sosok Srikandi Hukum kali ini juga mengangkat profil para perempuan yang gigih di dunia hukum. Bagaimana masing-masing sosok srikandi berjuang membangun hukum Indonesia ke arah lebih baik. Dan tentu saja, sejalan dengan profesi yang diembannya.

 

Cara yang dilakukan para srikandi pun berbeda-beda dalam mengembangkan hukum di Indonesia. Ada yang lewat pendidikan yakni membagi ilmu untuk mencetak anak didik yang berprestasi di bidang akademik ilmu hukum. Harapannya, prestasi tersebut dapat tertular dan berujung pada perkembangan ilmu hukum di Indonesia.

 

Ada pula yang concern menegakkan hukum melalui rangkaian advokasi. Benih-benih menjadi pejuang di sektor hukum sudah terlihat sejak dini. Karakter memperjuangkan yang benar selalu dipegang hingga kini. Advokasi dan membela “kaum papa” dilakoni hingga orang yang teraniaya.

 

Baca:

 

Dalam tulisan, selain membahas profil para srikandi, juga mengangkat perjalanan karir masing-masing sosok. Alasan di balik memilih dunia yang ditekuni sekarang juga menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Tak jarang di antara mereka tak sengaja “kecemplung” dalam dunia hukum.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait