Berita

Sanksi Bagi Pengemudi yang Lakukan Aksi Kiki Challenge

Bagi warga yang kedapatan melakukan Kiki challenge di jalan raya, polisi tidak akan segan untuk menindaknya dan akan dikenai pelanggaran UU tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi foto: gulfnews.com
Ilustrasi foto: gulfnews.com

Video Kiki Dance Challenge menjadi viral di media sosial belakangan ini. Para pengguna media sosial beramai-ramai mengunggah video saat tengah melakukan Kiki Challenge di akun media sosialnya. Namun aksi ini tidak selalu berjalan mulus, sebagian gagal karena terjatuh atau menabrak tiang saat melakukan tarian itu.

 

Berawal dari luar negeri, tren tarian tersebut juga dilakukan sejumlah pesohor di Indonesia, sehingga dikhawatirkan akan ditiru oleh masyarakat luas. Atas hal ini, Polri melarang masyarakat melakukan tarian yang diiringi lagu sembari keluar mobil yang terus berjalan ini karena membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

 

"Kami melarang sekaligus mengimbau tidak melakukan hal itu, jangankan untuk keluar, membuka pintu, lalu menari di saat mobil tetap berjalan, menggunakan gawai selama berkendara telah dilarang karena dapat memecah konsentrasi," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, seperti dikutip Antara di Jakarta, Kamis (26/7).

 

"Tidak ada untungnya itu, kalau mau joget-joget di tempat senam itu silakan. Kalau di jalan itu sudah ada aturannya harus konsentrasi," tambah Iqbal.

 

Iqbal menekankan Polri ingin pengguna jalan dan pengemudi selamat karena saat terjadi kecelakaan kerugian bisa sangat tinggi, seperti apabila terdapat korban meninggal sehingga keluarga juga menjadi korban dan terus berlanjut seperti efek domino.

 

 

Manajemen lalu lintas, kata dia, selalu berdampak kepada siapa pun di jalan sehingga disiplin saat berkendara sangatlah penting. Polisi akan melakukan penindakan untuk penegakan hukum jika menemukan orang yang sedang melakukan Kiki Challenge.

 

Iqbal mengatakan, bagi warga yang kedapatan melakukan Kiki challenge di jalan raya, polisi tidak akan segan untuk menindaknya dan akan dikenai pelanggaran Undang-undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 283 jo Pasal 106 ayat 1.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait