Jalan Sehat Empat Pilar MPR, Cara Lain Tanamkan Persatuan
Pojok MPR-RI

Jalan Sehat Empat Pilar MPR, Cara Lain Tanamkan Persatuan

Nilai-nilai luhur bangsa harus ditanamkan kepada masyarakat tanpa henti. Ini perlu dilakukan sebab generasi akan silih berganti.

RED
Bacaan 2 Menit
Pimpinan MPR saat Jalan Sehat Empat Pilar. Foto: Humas MPR
Pimpinan MPR saat Jalan Sehat Empat Pilar. Foto: Humas MPR

Minggu, 26 Agustus 2018, halaman Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta dipenuhi masyarakat. Mereka berdatangan mulai pukul 05.00 WIB. Pada hari itu, masyarakat datang ke komplek parlemen untuk mengikuti ‘Gerak Jalan Empat Pilar MPR’.

 

Gerak jalan pagi itu didukung oleh hari yang cerah. Ribuan orang yang memenuhi halaman Kompleks Parlemen menyatu satu sama lain. Seluruhnya menggunakan seragam yang sama, kaos berwarna biru gelap dengan tulisan ‘Jalan Sehat 4 Pilar MPR’. Sekitar 3.000 peserta gerak jalan berkumpul, sekitar pukul 07.30, Ketua MPR Zulkifli Hasan yang didampingi oleh Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, Ahmad Muzani dan Oesman Sapta; serta anggota MPR dari Kelompok DPD Ahmad Muqowam, anggota Lemkaji Djafar Hafsah dan Syamsul Bahri serta Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono naik ke panggung.

 

Sebelum gerak jalan dilepas, Zulkifli Hasan memberi sambutan. “Selamat pagi, selamat datang di Jakarta”, sapanya dengan nada penuh semangat. Pria asal Lampung itu mengucapkan terima kasih pada peserta yang sudi menjadi partisipan jalan sehat. Kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 MPR. Zulkifli berharap para peserta, terutama generasi muda yang mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar, Constitutional Drafting, dan Debat Konstitusi; untuk menjadi duta bangsa memperkokoh persatuan.

 

Ia menjelaskan, MPR selalu mensosialisasikan nilai-nilai luhur bangsa yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Itu yang disebut dengan Empat Pilar MPR”, ujarnya. Mensosialisasikan Empat Pilar menurut Zulkifli sangat penting apalagi di tahun politik. “Di tahun politik, kita harus memperkuat persatuan, mencintai, dan saling menghargai”, paparnya. Ditegaskan, di tahun politik, jangan melakukan hal sebaliknya, yakni menciptakan kebencian, menghalalkan segara cara, dan saling hujat.

 

Kontestasi di tahun politik, menurut Zulkifli, adalah di antara anak bangsa sendiri. Untuk itu dalam kontestasi yang ada, harus diisi dengan adu konsep dan adu gagasan yang berkualitas sehingga menghasilkan harmoni dan kesetaraan. Hal ini merupakan amanat Pancasila. “Pancasila harus menghasilkan kesetaraan, keadilan, dan harmoni”, tegasnya.

 

Setelah memberi sambutan singkat, Pimpinan MPR menggunting tali balon. Setelah tali tersebut putus, puluhan balon yang berwarna merah dan putih itu berterbangan di langit. Tak lama kemudian, Zulkifli mengangkat bendera start, sebagai tanda pelepasan peserta gerak jalan. Kemudian, ribuan orang secara serentak bergerak bersama meninggalkan komplek parlemen.

 

Zulkifli bersama pimpinan yang lain pun ikut bersama dalam gerak jalan itu. Peserta menempuh rute keluar komplek parlemen Jl. Gatot Subroto, belok kiri ke arah Patal Senayan, lanjut ke Jl. Asia Afrika, kemudian melintas depan Stasiun TVRI, kembali ke Jl. Gatot Subroto, kembali ke komplek parlemen. Rute itu sejauh 5 km.

Tags:

Berita Terkait