25 CHA Bakal Jalani Seleksi Kesehatan dan Kepribadian
Berita

25 CHA Bakal Jalani Seleksi Kesehatan dan Kepribadian

KY mengingatkan agar peserta seleksi mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu keberhasilan/kelulusan dalam proses seleksi CHA ini.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi Seleksi CHA di Komisi Yudisial. Foto: RES
Ilustrasi Seleksi CHA di Komisi Yudisial. Foto: RES

Komisi Yudisial (KY) meluluskan 25 calon hakim agung (CHA) dari 81 peserta seleksi kualitas CHA Tahun 2018. Penetapan kelulusan seleksi kualitas tersebut ditetapkan dalam Rapat Pleno KY CHA pada Selasa, (9/10/2018). Tahap seleksi berikutnya, 25 CHA ini akan menjalani seleksi kesehatan dan kepribadian.

 

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Aidul Fitriciada Azhari menjelaskan 25 CHA yang lulus seleksi kualitas tersebut terdiri dari 16 orang dari jalur karier dan 9 orang dari jalur nonkarier. “Selanjutnya mereka akan menjalani seleksi kesehatan dan kepribadian,” kata Aidul saat dikonfirmasi, Rabu (10/10/2018).

 

Aidul merinci berdasarkan kategori jenis kelamin, sebanyak 22 orang calon merupakan laki-laki dan hanya 3 orang perempuan yang lulus seleksi kualitas. Dilihat dari profesi CHA yang lulus seleksi kualitas, sebanyak 16 orang hakim karier, 4 orang akademisi, dan 5 orang profesi lain. 

 

Berdasarkan kamar yang dipilih, kata Aidul, sebanyak 6 orang CHA yang lulus memilih kamar pidana; 11 CHA memilih kamar perdata; 4 CHA memilih kamar agama; 2 orang memilih kamar Tata Usaha Negara khusus pajak; dan 2 CHA memilih kamar militer. (Baca juga: 82 Calon Hakim Agung Bakal Jalani Seleksi Kualitas)

 

Dia melanjutkan materi seleksi kepribadian (profile assessment) nantinya meliputi penilaian kompetensi dan kepribadian, rekam jejak, dan masukan dari masyarakat. Khusus rekam jejak dan masukan masyarakat, KY bekerja sama dengan KPK dan PPATK terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan aliran dana yang tidak wajar dari para peserta CHA ini.

 

Untuk itu, Aidul berharap partisipasi masyarakat agar memberikan informasi atau pendapat secara tertulis tentang integritas, kapasitas, perilaku, dan karakter para CHA yang telah dinyatakan lulus pada tahap ini. Pemberian informasi rekam jejak CHA ini diminta untuk mencantumkan identitas yang jelas.

 

“Bagi masyarakat yang ingin melapor, informasi atau pendapat tertulis dapat diterima Tim Seleksi CHA paling lambat 22 Oktober 2018 pukul 16.00 WIB yang dialamatkan ke email: [email protected] atau alamat KY. Pengumuman lengkap hasil seleksi kualitas CHA dapat dilihat di website KY dan disampaikan melalui surat pemberitahuan kepada pengusul CHA,” kata Aidul.

Tags:

Berita Terkait