Setya Novanto Bantah Terlibat dalam Korupsi Proyek PLTU Riau-1
Berita

Setya Novanto Bantah Terlibat dalam Korupsi Proyek PLTU Riau-1

Idrus Marham mengaku tidak pernah meminta bantuan kepada Kotjo dalam hal ini terkait dengan pemberian uang.

Oleh:
Aji Prasetyo
Bacaan 2 Menit
Mantan Ketua DPR Setya Novanto saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta.
Mantan Ketua DPR Setya Novanto saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Persidangan kasus dugaan korupsi proyek Pembangunan PLTU Riau-1 dengan terdakwa Johannes Kotjo kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Salah satu saksi yang dihadirkan penuntut umum adalah mantan Ketua DPR Setya Novanto.

 

Dalam keterangannya, Setya Novanto mengakui dirinya memang mengenal Johannes Kotjo. Ia juga mengaku pernah bertemu dengan Kotjo dan mengenalkan Eni Maulani Saragih, Wakil Ketua Komisi VII Partai Golkar kepada Kotjo.

 

"Pernah akhir 2016. Kalau enggak salah di ruangan fraksi. Beliau ingin tahu masalah tambang. Kerjanya itu sama komisi VII. Waktu saya kenalkan saya sampaikan ada tamu lain. Kelanjutannya saya enggak tahu lagi," kata Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

 

Namun, ia mengaku tidak mengetahui proyek apa yang dimaksud serta apa perusahaan Kotjo. Namun saat penuntut umum membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) miliknya yang isinya bahwa ia mengetahui Kotjo salah satu pemegang saham perusahaan Blackgold, Novanto membenarkannya.

 

Penuntut umum juga menanyakan apakah Novanto ingin berpartisipasi dalam proyek tersebut, tetapi ia membantahnya. Menurut Novanto saat pertemuan dengam Dirut PLN Sofyan Basir, dirinya hanya menanyakan mengapa ada beberapa proyek listrik yang gagal di wilayah Jawa dan ramai oleh pemberitaan media.

 

"Halo Reza, ini Bapak. Za, itu Mbak Eni diajak ketemu Pak Kotjo dong, ngobrol apa yang mesti diselesain di PLN. Bisa mampir ke Dharmawangsa enggak?" kata Setya dalam rekaman tersebut.

 

Reza pun bertanya jam berapa dia harus berada di Hotel Dharmawangsa. Sang ayah menjawab, "09.30 WIB di situ, papa ada pesan buat kamu," kata Setya.

Tags:

Berita Terkait