5 Isu Hoaks Viral Selama November 2018
Berita

5 Isu Hoaks Viral Selama November 2018

Pemerintah menyiapkan tiga upaya strategis untuk mendorong pemanfaatan serta perkembangan teknologi digital di Tanah Air agar mendidik dan menguntungkan.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Foto: kominfo.go.id
Foto: kominfo.go.id

Isu hoaks seakan menjadi ‘santapan’ sehari-hari di masyarakat. Agar tidak terbawa arus informasi yang salah, tentunya masyarakat harus bisa memilih berita mana yang benar atau salah. Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, mengatakan berdasarkan hasil analisa Tim Anti Hoaks, Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, selama bulan November 2018 setidaknya terdapat lima isu yang paling viral dan banyak dibicarakan di media sosial. Kelima isu tersebut adalah:

 

  1. Hasil rekaman black box Lion Air JT610

Kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan laut Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10/2018) menjadi isu yang banyak diperbincangkan di berbagai ruang publik dan media sosial. Bersamaan dengan itu bermunculan pula berbagai isu meliputi berita, foto dan video yang disinformasi atau hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat tersebut. Kabar hoaks ini tentu menimbulkan banyak spekulasi dan keresahan di kalangan masyarakat, mengingat banyaknya jumlah korban pada tragedi maut tersebut.

 

Setelah setidaknya empat isu hoaks tercatat oleh Kominfo di bulan Oktober, di bulan November juga masih ditemukan berita hoaks/disinformatif yaitu beredarnya video yang diklaim sebagai rekaman black box dari pesawat Lion Air Jt 610. “Video tersebut diunggah di platform youtube dan telah ditonton oleh lebih dari 68 ribu views,” kata Ferdinandus seperti dikutip dari siaran pers Kemenkominfo.

 

  1. Hoaks Pelaku penculikan anak di jalan Kran Kemayoran

Isu tentang maraknya penculikan anak yang ternyata hanya hoaks juga menjadi isu yang sangat viral di bulan Oktober dan November. Banyaknya unggahan isu hoaks mengenai tertangkapnya penculik di berbagai daerah penculik, serta penculik yang menyamar sebagai orang gila, dan berbagai modus lainya yang ternyata tidak dibuktikan kebenarannya, tentu membuat masyarakat khususnya para orang tua resah.

 

“Dari berbagai isu penculikan anak yang viral di bulan November, di antaranya isu hoaks tentang ditangkapnya pelaku penculikan anak di jalan Kran Kemayoran, Jakarta,” kata Ferdinandus.

 

  1. Ratusan Jasad Anak-anak korban penculikan

Selain isu penculikan atau pelaku penculikan, juga viral diperbincangkan adanya isu ditemukannya jasad anak-anak korban penculikan untuk diambil organ tubuhnya dan diperjualbelikan.

 

(Baca Juga: Pasal Berlapis Bagi Penyebar Berita Hoax)

 

Di antara isu tersebut, kata Ferdinandus, ditemukan unggahan foto yang diklaim sebagai ratusan anak korban penculikan yang padahal itu tidak benar atau hoaks. Kabar yang beredar bahwa penculikan anak dengan tujuan untuk diambil organ tubuhnya ini membuat masyarakat khususnya orang tua resah dan merasa anak-anaknya terancam atau tidak aman.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait