Mengintip Transportasi MRT dan Kisaran Harga Tiketnya
Foto Essay

Mengintip Transportasi MRT dan Kisaran Harga Tiketnya

Sejumlah larangan akan diberlakukan PT MRT kepada para penumpang.

Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Hampir tiga bulan lagi, masyarakat yang berada di DKI Jakarta dapat merasakan Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT). Tepat pada Maret 2019, MRT Lebak Bulus-Hotel Indonesia mulai beroperasi.

Hukumonline.com

Waktu tempuh antara Lebak Bulus dan Hotel Indonesia tersebut hanya sekitar 30 menit dengan waktu tunggu ditarget 5 menit. Hal ini dipercaya dapat mengurangi desak-desakan antar penumpang.

Hukumonline.com

Hukumonline berkesempatan mencoba MRT dari Lebak Bulus-Hotel Indonesia, Selasa (11/12). Dalam uji coba, Direktur Utama PT MRT William P Sabandar membawa serta sejumlah rombongan baik dari masyarakat umum dan beberapa wartawan.

Hukumonline.com

Sebelum memasuki area depo MRT Lebak Bulus, seluruh penumpang diminta memakai alat pelindung diri (APD) lengkap dari mulai helm, rompi proyek, hingga sepatu boot.

Hukumonline.com

Kereta MRT yang telah menunggu awak rombongan masih mulus dan bersih. Lantainya pun masih ditutup kertas. Para rombongan beserta awak media tetap diminta melepas alas kaki yang digunakan. William mengatakan bahwa kereta merupakan unit baru.

Hukumonline.com

Di dalam kereta, terasa perbedaan yang cukup signifikan dengan kereta KRL commuter line yang digunakan sehari-hari. Bangkunya berbahan fiber tanpa bantalan empuk seperti commuter line.

Hukumonline.com

Di atas bangku tak ada tempat menaruh tas. Ini disebabkan perjalanan menggunakan MRT tak akan berlangsung lama. Sehingga William menyarankan bagi penumpang yang membawa tas untuk menaruh tasnya di bawah sehingga tidak mengganggu penumpang lain. “Tidak boleh menggantung tas, semua tas harus ditaruh di bawah,” kata William.

Tags: