Senin, 21 Oktober 2019

Potret Pelantikan Jokowi-Maruf Amin

Di hadapan tamu undangan dan ribuan pasang mata rakyat Indonesia, Jokowi-Ma’ruf Amin mengucap sumpah jabatan dan resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.
Resa Esnir
Foto: RES

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin resmi mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen di Jakarta, Minggu (20/10).

Proses pelantikan ini merupakan rangkaian panjang dari hasil Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) yang digelar secara langsung beberapa bulan lalu.

Pelantikan dimulai pukul 15.30 WIB. Dimulai dengan kehadiran anggota MPR dan tamu-tamu undangan ke tempat pelantikan.

Menyusul para mantan presiden dan wakil presiden yang turut hadir. Lalu Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang tiba bersamaan dan kehadiran ketiganya disambut oleh para pimpinan MPR.

Seluruh undangan, anggota MPR, dan Jokowi, Maruf Amin serta Jusuf Kala memasuki ruang sidang paripurna. Acara dimulai dengan pembukaan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo selaku ketua sidang paripurna, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) soal hasil Pilpres 2019.

Di hadapan tamu undangan dan ribuan pasang mata rakyat Indonesia, Jokowi-Ma’ruf Amin mengucap sumpah jabatan dan resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ujar Jokowi.

Setelah itu, giliran Ma'ruf Amin yang membacakan sumpah jabatan. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Ma'ruf.

Usai mengucapkan sumpah jabatan, Jokowi dan Ma'ruf Amin menandatangani berita acara pelantikan. Penandatanganan itu disaksikan 10 pimpinan MPR. Berikutnya, giliran Ketua MPR Bambang Soesatyo yang menandatangani berita acara pelantikan.

Tidak hanya Ketua MPR, sembilan Wakil Ketua MPR pun menandatangani berita acara pelantikan.

Di sela penyerahan berita acara ini, Jusuf Kalla bergantian tempat duduk dengan Ma'ruf Amin sebagai simbol serah terima jabatan.

Posisi JK dan Ma'ruf sendiri selama pelantikan duduk berdampingan di sebelah kiri panggung. Sedangkan Jokowi di sebelah kanan panggung. Selamat bertugas Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin!

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua