Kamis, 28 November 2019

Punya Usaha Kecil dan Menengah? Pendirian PT Lebih Direkomendasikan

Karena syarat pendirian PT sudah dipermudah dan lebih jelas dalam tanggung jawab serta perizinannya.
Fitri Novia Heriani
Partner pada Mulyana Abrar Advocates, Fifiek Woelandara Mulyana, dalam acara “Pelatihan dan Klinik Hukum bagi Perempuan Penusaha Mikro dan Kecil di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten”, Selasa, (26/11). Foto: FNH

Pemerintah terus berupaya mendukung pertumbuhan pengusaha-pengusaha, khususnya di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu bukti dukungan itu adalah dengan diterbitkannya PP No.29 Tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas.

 

Sebenarnya, selama ini jenis-jenis usaha kecil dan menengah lebih banyak menggunakan badan usaha ketimbang badan hukum berbentuk PT. Partner pada Mulyana Abrar Advocates, Fifiek Woelandara Mulyana, mengatakan pendirian badan usaha seperti UD, CV, maupun Firma memang identik dengan usaha kecil menengah karena biaya pendiriannya yang cukup minim jika dibandingkan dengan PT.

 

Untuk saat ini, biaya yang harus dikeluarkan dalam pengurusan PT bisa mencapai Rp10 juta. Biaya itu timbul dari PNBP, jasa notaris, dan lain sebagainya. Fifiek menilai hal ini yang menyebabkan para pengusaha pemula enggan untuk mendirikan PT.

 

“Untuk pendirian PT ada biaya PNBP, ada pengumuman BN dan TN. Sekarang saja untuk pendirian PT itu dikenakan Rp4 juta, disamakan semua. Biaya yang keluar kalau sekarang minimal RP5juta, itu kalau ada notaris yang bersedia. Ya bisa sampai Rp10 juta,” kata Fifiek saat diwawancara dalam acara “Pelatihan dan Klinik Hukum bagi Perempuan Penusaha Mikro dan Kecil di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten”, Selasa, (26/11).

 

Agar upaya pemerintah untuk mendukung pertumbuhan sektor UMKM lebih mengenai sasaran, maka Fifiek menilai perlu dilakukan deregulasi. Tujuannya memudahkan para pelaku usaha pemula untuk berusaha dan mendirikan PT.

 

“Harus ada deregulasi, memudahkan. Jadi dikasih keringanan bayar PNBP untuk UMKM ya dimudahkan bayarnya, bayar pajaknya. Orang UMKM dapat keringanan pajak masa pendiriannaya tidak dapat keringaan, begitu saja,” jelasnya.

 

Lalu mengapa UMKM harus mendirikan PT ketimbang CV yang selama ini sering menjadi pilihan? Fifiek menegaskan, pendirian badan hukum (PT, yayasan, koperasi) memiliki risiko hukum yang berbeda dengan pendirian badan usaha (UD, CV, Firma, dan lainnya). Apa itu?

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua