Senin, 06 April 2020

Muhammad Syarifuddin Pimpin MA

Hatta berpesan kepada Ketua MA terpilih bahwa kepercayaan ini merupakan amanah dan tanggung jawab yang besar dan harus dijalankan dengan sepenuh hati.
Aida Mardatillah
Ketua MA terpilih M. Syarifuddin saat memberi sambutan usai pemilihan ketua MA yang juga digelar secara live streaming di ruang Kusumah Atmadjah Gedung MA, Senin (6/4). Foto: RES

Hakim Agung Muhammad Syarifuddin akhirnya terpilih menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025 yang pemilihannya diikuti 47 hakim agung. Pemilihan yang digelar di ruang Kusumah Atmadjah mulai pukul 10.00 WIB ini dilakukan dalam dua putaran. Syarifuddin yang menjadi ketua MA ke-14 ini unggul di putaran pertama dan kedua.

 

Dalam putaran pertama Syarifuddin mendapatkan 22 suara; Andi Samsan Nganro mendapat 14 suara. Diikuti Hakim Agung Sunarto mendapat 5 suara; Suhadi 1 suara dan Supandi 1 suara. Karena belum memenuhi kuorum yakni 50 persen plus 1 suara, maka dilakukan pemilihan putaran kedua. Di putaran kedua Syarifuddin mendapatkan 32 suara unggul dari Andi Samsan Nganro yang tetap mendapatkan 14 suara.  

 

Ketua MA terpilih, M. Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya. Syarifudin berharap bisa bersatu padu, bekerja sama dalam membangun badan peradilan yang agung selama masa kepemimpinannya.

 

Alhamdulillah, saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena diberi amanah memimpin lembaga peradilan ini. Saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan semuanya, dengan goresan tangannya memilih saya, dan memberikan kepercayaan untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan MA ini,” kata Syarifuddin di Gedung MA yang juga disiarkan secara live streaming, Senin (6/4/2020). Baca Juga: Pertarungan Integritas di Pucuk Pimpinan MA  

 

Syarifuddin mengatakan MA telah selesai menjalani proses demokrasi melalui pemilihan ketua MA. Untuk itu, mulai hari ini tidak ada lagi perbedaan pendapat, yang ada hanya kerja keras agar MA dan peradilan di bawahnya menjadi lebih baik. “Mari kita bahu membahu untuk bekerja keras agar MA dan badan peradilan dibawahnya lebih baik lagi kedepannya. Dengan bismillah, mari bekerja dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT yang akan menjadi amal ibadah bagi kita,” ajaknya.

 

Secara khusus dia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Yang Mulia M. Hatta Ali yang telah dinobatkan menjadi Bapak Pembaharuan Bangsa, khususnya untuk lembaga peradilan MA dan badan peradilan dibawahnya telah memberikan kemajuan dan pembaharuan. “Tentu harus kita teruskan dan kita wujudkan semua kebijakan di kepemimpinan MA sebelumnya dengan lebih baik lagi.” kata Syarifuddin terimakasih.

 

Kesempatan yang sama, Mantan Ketua MA M. Hatta Ali menyampaikan rasa syukur alhamdulillah karena proses pemilihan Ketua MA dapat berjalan dengan lancar di tengah merebaknya wabah virus Covid-19. “Saya mengucapkan selamat kepada Hakim Agung Syarifuddin sebagai Ketua MA terpilih untuk periode Tahun 2020-2025,” kata Hatta.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua