Terbaru

FH Universitas Brawijaya Kolaborasi lewat Hukumonline University Solution

Diharapkan melalui kerja sama ini, banyak program yang bisa dikolaborasikan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.
Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 3 Menit
Ketua Pusat Ilmu Hukum FH Universitas Brawijaya, Fachrizal Afandi. Foto: RES
Ketua Pusat Ilmu Hukum FH Universitas Brawijaya, Fachrizal Afandi. Foto: RES

Dalam rangka meningkatkan layanan informasi literatur bidang hukum di masa pandemi, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (FH UB) kembali melanjutkan kerja sama dengan Hukumonline. Kerja sama ini melalui program Hukumonline University Solution dan sekaligus peluncuran aplikasi “Si Perpus” oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum (PDIH) FH UB yang dilaksanakan secara daring, Kamis (15/7/2021).  

Dalam acara ini diberikan pelatihan/tutorial bagaimana mengakses aplikasi Si Perpus PDIH FH UB dan tutorial mengakses pusat data Hukumonline yang berisi peraturan perundang-undangan, analisa hukum, putusan pengadilan dan jurnal hukum melalui VPN UB.

Ketua Pusat Ilmu Hukum FH Universitas Brawijaya, Fachrizal Afandi mengatakan kerja sama dengan Hukumonline ini agar mahasiswa bisa melihat dan meningkatkan literasi dokumentasi hukum. Dengan diluncurkan aplikasi Si Perpus oleh PDIH FH UB ini diharapkan bisa lebih memudahkan mahasiswa untuk meminjam buku secara online.

“Semoga kerja sama ini dapat terus berlanjut. Ke depan kita berencana akan bekerja sama dalam program Hukumonline Corner. Ini adalah langkah awal yang coba kita ikhtiarkan untuk meningkatkan kualitas literasi mahasiswa dan civitas akademika FH UB sambil nanti dirancang program-program lain yang lebih baik,” kata dia.

Dekan FH UB Muchamad Ali Safa’at mengatakan selama ini FH UB melakukan banyak penataan dan penyesuaian agar kebutuhan pustaka untuk civitas akademika FH UB dapat terus dilayani meskipun dengan segala keterbatasan di masa pandemi. Untuk itu, FH UB meluncurkan aplikasi Si Perpus dan kerja sama dengan Hukumonline dalam program Hukumonline University Solution.  

“Kita berterima kasih karena dapat bekerja sama melalui program Hukumonline University Solution dan FH UB meluncurkan aplikasi Si Perpus. Dalam studi ilmu hukum ada kebutuhan sumber hukum primer dan sekunder dalam proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat,” kata Ali Safa’at dalam kesempatan yang sama.

Ia mengatakan kerja sama ini sebenarnya sudah dijalin sebelumnya dan dilanjutkan lagi mulai hari ini. Melalui kerja sama ini, diharapkan para dosen akan lebih mudah mengakses putusan; peraturan perundang-undangan, mengetahui keterhubungan suatu UU dengan peraturan lain; masa keberlakuan suatu UU; dan sejarahnya.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait