Cara Mengidentifikasi Tanda Tangan Elektronik Palsu

Bacaan 10 Menit
Bacaan 10 Menit
Cara Mengidentifikasi Tanda Tangan Elektronik Palsu
Pertanyaan
Bagaimana cara menilai bahwa tanda tangan elektronik itu palsu? Adakah teknologi yang bisa menilai keabsahan tanda tangan elektronik? Apa badan yang berwenang untuk memeriksa itu? Sebenarnya bagaimana sih bentuk tanda tangan elektronik itu? Apakah bentuknya seperti tanda tangan basah yang kemudian di-scan bisa disebut tanda tangan elektronik? Apakah bentuk persetujuan pada pinjaman online dengan mengklik “Ya Setuju” bisa disebut tanda tangan elektronik sehingga pengguna harus tunduk pada ketentuan yang sudah disetujui pada aplikasi karena “Ya Setuju” adalah bentuk tanda tangan elektronik?
Intisari Jawaban
Segala yang dapat dikategorikan sebagai tanda tangan, baik itu berbentuk QR code, gambar/pindaian dari tanda tangan, klik “Setuju”, dan berbagai bentuk tanda tangan lainnya tidak dapat dianggap sebagai tanda tangan elektronik tersertifikasi apabila tidak dibuat dengan menggunakan jasa penyelenggara sertifikasi elektronik dan dibuktikan dengan sertifikat elektronik.
 
Hingga saat ini tidak ada suatu badan tertentu yang berwenang untuk memeriksa tanda tangan elektronik. Namun, khusus untuk memeriksakan keaslian tanda tangan elektronik tersertifikasi, maka dokumen yang telah ditandatangani dapat dibuka dengan menggunakan perangkat lunak pembaca dokumen elektronik berformat Portable Document Format (“PDF”) yang akan menyajikan informasi terkait fungsi autentikasi tanda tangan elektronik, yaitu kebenaran identitas penanda tangan dan integritas dari dokumen yang telah ditandatangani.
 
Hal ini merupakan metode pemeriksaan untuk metode penandatanganan kriptografi asimetris dengan memanfaatkan infrastruktur kunci publik, karena merupakan standar internasional yang diakui secara universal.
 
Lalu, bagaimana cara membuktikan tanda tangan elektronik adalah palsu? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.
Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika