Apakah Membuat Fan Fiction Melanggar Hak Cipta?

Bacaan 6 Menit
Apakah Membuat <i>Fan Fiction</i> Melanggar Hak Cipta?
Pertanyaan

Saya suka menonton film produksi dalam dan luar negeri, dan terinspirasi untuk membuat fan fiction dengan alur cerita yang sama sekali berbeda atau membuat cerita yang seolah sekuel dari cerita di film tersebut. Tokohnya sama, dengan beberapa tokoh baru sudah banyak karya yang dibuat. Saya ingin publish lewat wordpress, tapi takut kena pasal plagiarisme. Apakah bila tetap ingin di-publish harus mencantumkan credit film tersebut atau perlu izin ke produser filmnya? Mohon pencerahannya, terima kasih.

Intisari Jawaban

Karya sinematografi yang dalam hal ini berupa film baik produksi dalam negeri maupun luar negeri merupakan ciptaan yang dilindungi. Sedangkan tindakan plagiarisme yang merupakan penjiplakan yang melanggar hak cipta, pada dasarnya merujuk Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Sedangkan fan fiction yang Anda buat bisa dikategorikan sebagai adaptasi, yaitu mengalihwujudkan suatu ciptaan menjadi bentuk lain. Misalnya, dari suatu karya film dibuatkan fan fiction dalam bentuk cerita tulisan sekuel sebagaimana Anda sebutkan. Lalu, apakah fan fiction ini melanggar hak cipta?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.