Diperiksa Mabes Polri, Cirus Sinaga Masih Berstatus Saksi
Berita

Diperiksa Mabes Polri, Cirus Sinaga Masih Berstatus Saksi

Keempat jaksa mendatangi Mabes Polri untuk menjalani pemeriksaan atas kesadaran sendiri.

Rfq
Bacaan 2 Menit
Diperiksa Mabes Polri, Cirus Sinaga Masih Berstatus Saksi
Hukumonline

Pemeriksaan terhadap jaksa peneliti berkas pegawai Ditjen Pajak, Gayus Halomoan P Tambunan, terus didalami oleh Tim Independen Mabes Polri. Para jaksa peneliti berkas Gayus itu adalah Cirus Sinaga, Fadil Reagan, Eka Kurnia dan Ika Safitri. Pemeriksaan oleh Tim Independen terhadap Cirus berlangsung  Gedung Pembinaan Hukum (Binkum) Mabes Polri. Meski pemeriksaan berlangsung selama sebelas jam, keempat jaksa tersebut masih berstatus saksi.

 

Mabes Polri tak ingin gegabah menetapkan status tersangka sebelum menemukan barang bukti yang melibatkan para jaksa. Padahal polisi sendiri sudah menjadikan dua penyidik perkara Gayus, M Arafat Enani dan Sri Sumartini sebagai tersangka. Sebaliknya, keempat jaksa peneliti masih berstatus sebagai saksi dalam kasus Gayus Halomoan P Tambunan.

 

Wakil Kepala Divisi Humas (Wakadivhumas) Mabes Polri Zainuri Lubis menegaskan kedatangan keempat jaksa ke Mabes Polri atas kesadaran sendiri. Mabes Polri belum meminta pemanggilan pemeriksaan terhadap empat jaksa tersebut. Menurut dia perihal ada perubahan status tergantung pada hasil pemeriksaan akhir. “Setelah pemeriksaan baru ada perkembangan,” ujarnya.

 

Pemeriksaan terhadap empat jaksa peneliti itu memang masih pada seputar penanganan berkas Gayus. Begitu pun dengan tuntutan yang dilakukan jaksa terhadap Gayus yang disidangkan di Pengadilan Negeri Tangerang.

 

Pemeriksaan terhadap para jaksa peneliti kasus Gayus baru kali pertama dilakukan  Mabes Polri. Namun bukan tidak mungkin pemeriksaan akan terus berlanjut, mengingat kasus yang melilit Gayus diduga melibatkan penyidik polisi, jaksa dan hakim. Penyidik sudah ditahan, dan hakim akan menjalani pemeriksaan intensif Komisi Yudisial setelah diperiksa Mahkamah Agung pekan lalu.

 

Usai pemeriksaan, Cirus enggan berkomentar sambil memasuki mobil fortuner hitam. Ia berusaha menutupi wajahnya. Ketika kasus Gayus mencuat, Cirus sudah membantah menerima uang suap dari komplotan Gayus.

Tags: