Irjen Akan Audit Kinerja Ditjen Pajak
Berita

Irjen Akan Audit Kinerja Ditjen Pajak

Seluruh proses keberatan dan banding pajak akan dievaluasi.

MVT
Bacaan 2 Menit
Kasus pajak Gayus Tambunan dorong Kementerian Keuangan<br> lakukan audit kinerja Direktorat Jenderal Pajak. Foto: Sgp
Kasus pajak Gayus Tambunan dorong Kementerian Keuangan<br> lakukan audit kinerja Direktorat Jenderal Pajak. Foto: Sgp

 

Kasus pajak Gayus Tambunan mendorong Kementerian Keuangan melakukan audit kinerja Direktorat Jenderal Pajak. Inspektur Jenderal Kemenkeu, Vincentius Sonny Loho, mengungkapkan hal itu, Jumat (26/2) usai pelantikan sejumlah pejabat eselon II Ditjen Pajak di Jakarta.

 

Audit kinerja ini, ujar Sonny, termasuk mengidentifikasi kelemahan proses keberatan dan banding oleh petugas pajak. Sebab, kasus Gayus berawal dari bermasalahnya kedua proses ini.

 

“Proses keberatan dan banding akan diindentifikasi kelemahannya. Nanti juga termasuk audit kinerja Ditjen Pajak. Kita akan perbaiki keseluruhan sistem,” ujarnya.

 

Sonny menegaskan, pihaknya akan menilai setiap pegawai Ditjen Pajak untuk melihat petugas yang bermasalah. “Kita lihat siapa yang tidak beres,” tegasnya.

 

Mengenai penyelesaian 151 wajib pajak yang terkait Gayus, Sonny meminta masyarakat tidak menyamaratakan. Belum tentu setiap perusahaan tersebut memang terlibat dan bersalah. “Tidak semua, bahkan yang disebutkan namanya oleh Gayus, sudah pasti terlibat,” tegasnya.

 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, telah dibentuk tim gabungan penyelesaian perkara pajak. Sonny mengatakan, tim sudah bergerak ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan terhadap 151 wajib pajak yang ditengarai ditangani Gayus dalam mengajukan keberatan di Ditjen Keberatan dan Banding Dirjen Pajak. Setiap dua pekan, pihaknya akan melaporkan secara periodik ke Menteri Keuangan.

 

Irjen Kemenkeu sendiri, kata Sonny, mengerahkan 21 orang untuk terlibat dalam penyelesaian perkara ini. Sebelas orang ditempatkan dalam tim gabungan, sisanya sepuluh orang mendampingi Bareskrim Mabes Polri.

Tags: