Abraham Samad Serukan Gantung Koruptor
Utama

Abraham Samad Serukan Gantung Koruptor

Berjanji pula memberantas korupsi sampai ke akar-akar dan tidak pandang bulu.

Leo Wisnu Susapto
Bacaan 2 Menit
Ketua KPK 2011-2015 Abraham Samad serukan gantung koruptor. Foto: SGP
Ketua KPK 2011-2015 Abraham Samad serukan gantung koruptor. Foto: SGP

Pertama kali berpidato di hadapan publik, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2011-2015 Abraham Samad langsung lantang menyerukan, “Gantung koruptor!”

 

Dia juga menyatakan, tak akan pandang bulu memberantas korupsi. “Siapapun kita babat sampai ke akar-akarnya,” kata Samad kala acara pisah sambut pimpinan KPK di kantor komisi, Jakarta, Senin (19/12).

 

Itu pernyataan pertama Abraham di hadapan publik. Sekalipun terbatas di hadapan sekira 700 karyawan KPK, mantan pimpinan KPK dan tamu undangan lain.

 

Sambil mengepalkan tangan, Samad langsung menyerukan, kalimat tersebut. Beberapa karyawan langsung antusias menjawab seruan itu dengan kalimat sama. Namun, sebagian lagi justru melipat dahinya tanda bingung dengan seruan pimpinan KPK baru itu.

 

Abraham juga menyatakan komitmen dengan DPR saat fit and proper test, bukanlah kontrak politik. “Tapi kontrak sosial pada masyarakat bukan dengan DPR,” tegasnya.

 

Ketua KPK menegaskan komitmen tidak akan pandang bulu dalam menjalankan tugasnya. Dia janjikan, koruptor akan dibabat habis sampai ke akar-akarnya. “Tak peduli dia saudara saya atau bukan, harus dibabat sampai ke akar-akarnya,” tukasnya.

 

Dia mengatakan, pimpinan KPK baru memiliki rekam jejak yang jelas. Kesemuanya, memiliki komitmen dan kontribusi antikorupsi, tambahnya lagi.

Tags:

Berita Terkait