Ajudan Dirjen Pajak Diduga Terlibat Penerimaan Suap
Berita

Ajudan Dirjen Pajak Diduga Terlibat Penerimaan Suap

Namun Andreas membantah bahwa percakapan itu terkait dengan uang yang rencananya akan diberikan oleh Country Director PT EK Prima Ekspor (PT EKP) Ramapanicker Rajamohanan Nair dari Surabaya.

ANT/ASH
Bacaan 2 Menit
Handang Soekarno terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Senin (21/11), malam oleh penyidik KPK saat sedang bertransaksi diduga suap sebesar AS$148.500 atau setara dengan Rp1,9 Milyar dengan Presdir PT EK Prima anak usaha PT Lulu Group Internasional Rajesh Rajamohanan Nair (RRN), suap tersebut  berkaitan pengaturan nilai pada Surat Tagihan Pajak (STP) PT EK Prima sebesar Rp78 miliar.
Handang Soekarno terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Senin (21/11), malam oleh penyidik KPK saat sedang bertransaksi diduga suap sebesar AS$148.500 atau setara dengan Rp1,9 Milyar dengan Presdir PT EK Prima anak usaha PT Lulu Group Internasional Rajesh Rajamohanan Nair (RRN), suap tersebut berkaitan pengaturan nilai pada Surat Tagihan Pajak (STP) PT EK Prima sebesar Rp78 miliar.
Ajudan Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi bernama Andreas Setiawan alias Gondres diduga terlibat kasus dugaan suap kepada Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum pada Direktorat Jenderal Pajak Handang Soekarno sebesar 148.500 dolar AS (Rp1,98 miliar).

Hal itu terungkap dari percakapan via "whatsapp" antara Andreas dan Handang pada 21 November 2016 atau saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK terhadap Handang yang ditampilkan jaksa penuntut umum KPK dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (31/5/2017). Baca Juga: Divonis 3 Tahun Bui, Penyuap Penyidik Pajak Ungkap Alasan Perbuatannya

Andreas: pagi mas Handang: siap mas..dawuh (perintah) mas? Saya otw dinas ke kanwil banten mas Andreas: siap..monggo dilajut mas. Perihal "paketan" saking surabaya pripun mas? Kalo perlu ditaruh rekening saya ada mas Handang: siap mas sore ini sdh siap.

Andreas: siap mas. Di Jakarta? Handang: di Jkt mas. Mtr nwn mas Mohon ijin mas, surat penghentian PHS pripun? Handang: Nanti di ktr saya tanyakan mas. Sy msh di kanwil banten mas Andreas: siap Handang: Selamat sore mas....orgnya yang dari Surabaya baru datang agak malaman mas. Selesai langsung saya hubungi mas. Tentang Pak Dir saya nggak masuk mas...karena ada musibah saudaranya. Jd set peritanhnya belum dibuat ke kawan di bawah Andreas: Mhn ijin mas Handang: Siap mas dawuh? Andreas: Mhn ijin saya stand by di kntr Handang: Siap mas, ybs belum landing mas. Saya izin ke arah kemayoran mas ngambil cetakan undangannya Andreas: siap mas Handang: Selesai saya kabari mas Andreas: siap saya standby di lantai 5 mas Handang: Njih mas siap Andreas: Mohon ijin mas, saya geser ke montys nunggu Bapak Handang: Mohon ijin mas panggilan tidak terjawab pada 22:25 panggilan tidak terjawab pada 22:26.

Namun Andreas membantah bahwa percakapan itu terkait dengan uang yang rencananya akan diberikan oleh Country Director PT EK Prima Ekspor (PT EKP) Ramapanicker Rajamohanan Nair dari Surabaya.

"Komunikasi saya itu karena Pak Handang sebagai tim 'tax amnesty'. Saya 'stand by' di ruangan dan saya mau pinjam uang ke Pak Handang, saya kejar-kejar Pak Handang karena saya tidak kenal pihak selain Pak Handang untuk pinjam uang, dan Pak Handang yang menyanggupi. Saya butuh uang karena orang tua saya sakit," kata Andreas "Bukannya uang itu untuk mengurus operasional dirjen? Coba saudara memberikan keterangan yang jujur, coba diingat-ingat lagi, pinjam uang urusannya pribadi atau dinas?" tanya jaksa penuntut umum KPK Takdir Sulhan.

"Tidak, ini untuk pribadi," jawab Andreas.

"Menulis paketan dengan tanda petik maksudnya apa? Biasanya kan tanda petik digunakan bila pihak yang menyampaikan tahu, dan dalam percakapan juga tidak ada kata pinjam? Apakah saksi mau kami kenakan Pasal 22? Ini bukan ancaman hanya mengingatkan!" tegas jaksa Takir.

"Sesuai yang saya sampaikan tadi itu hanya supaya saya tahu Pak Handang posisinya di mana," jawab Andreas yang menjadi ajudan Ken karena pernah bekerja di satu kantor wilayah di Jawa Timur.

"Kenapa tidak meminjam ke atasan Saudara Pak Ken?" tanya hakim Ansyori Saifuddin.

"Karena saat itu Pak Ken tampak sedang sibuk sekali dengan 'tax amnesty' jadi saya mencari yang bisa meminjamkan," jawab Andreas yan menjadi ajudan sejak 1 Maret 2016.

"Kenapa harus pakai istilah paketan?" tanya hakim Ansyori. Baca Juga: Adik Ipar Jokowi Ungkap Pembicaraan dengan Dirjen Pajak

"Karena saya takut istri saya tahu saya meminjam uang, saya tidak mau merepotkan," jawab Andreas.

"Apakah akhirnya mendapat pinjaman?" tanya hakim Ansyori.

"Tidak, saya jadi meminjam ke keluarga istri saya, tadinya saya tidak mau merepotkan keluarga istri saya," ungkap Andreas.

"PHS itu artinya apa? Ini kan saudara sendiri yang menulis," kejar hakim Ansyori "Saya tidak tahu tapi itu masalah kedinasan," jawab Andreas.
"Pintar ya saudara 'mengeles'. Saudara kalau orang bohong makin lama ditanya makin banyak bohongnya," kata hakim Ansyori.
Tags:

Berita Terkait