Lulusan Hukum Jangan Hanya Berkutat di Dunia Advokat
Berita

Lulusan Hukum Jangan Hanya Berkutat di Dunia Advokat

Dalam acara DOLC 2018, para mahasiswa dan alumni FHUI didorong untuk mewarnai berbagai aspek lapangan pekerjaan hukum, tak terkecuali di sektor publik.

Oleh:
CR-25
Bacaan 2 Menit
Pembukaan Acara DOLC 2018 di FHUI, Senin (19/2). Foto: CR-25
Pembukaan Acara DOLC 2018 di FHUI, Senin (19/2). Foto: CR-25

Perhelatan akbar Days of Law Career (DOLC) kembali digelar pada 19-23 Februari 2018. Kegiatan yang bertemakan reach out the opportunity ini betujuan memberikan gambaran kepada para mahasiswa dan alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) untuk berkarier di dunia hukum sekaligus sebagai ajang penjaringan pekerja bagi firma hukum, instansi pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat maupun pekerjaan di sektor publik lainnya. Kesempatan bagi para mahasiswa maupun alumni dibuka sebesar-besarnya untuk melamar pekerjaan baik untuk bekerja maupun magang.

 

Beragam firma hukum yang terlibat dalam bursa kerja pada DOLC 2018 ini seperti Assegaf Hamzah & Partners (AHP), Sumadipraja & Taher (S&T), Lubis Ganie & Surowidjojo (LGS), Ginting & Reksodiputro, Rahayu & Partners, Ali Budiarjo Nugroho & Reksodiputro (ABNR), Soewito Suhardiman Eddhymurthy Kardono (SSEK), Nurjadin Sumono Mulyadi & Partners (NSMP), Widyawan & Partners, Hadiputranto Hadinoto & Partners (HHP), Bahar & Partners, Hanafiah Ponggawa & Partner, Armand Yapsunto Muharamsyah & Partner, Hiswara Bunjamin & Tanjung.

 

(Baca Juga: Firma-Firma Hukum yang Hadir dalam DOLC 2017)

 

Tidak hanya menggandeng sederet firma hukum, DOLC kali ini turut menghadirkan Ombudsman, Bawaslu, Vrije University, Leiden University, Hukumonline, Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), The Indonesian Capital Market Institute (TICMI), Erasmus, LBH Jakarta, LBH Masyarakat, LBH Mawar Saron dan Pusat Studi Hukum dan Kebijakan Indonesia (PSHK).

 

Yang menarik dalam kegiatan DOLC kali ini adalah para mahasiswa dan alumni FHUI mulai didorong untuk mewarnai berbagai aspek lapangan pekerjaan hukum di sektor publik, bukan hanya menumpuk minat pada sektor swasta seperti bekerja di perusahaan (legal corporate) dan bekerja di firma hukum. Terlebih dewasa ini insentif pada pekerjaan di sektor publik juga cukup menjanjikan, sehingga mahasiswa FHUI perlu mendominasi sektor tersebut.

 

“Alumni FHUI hendaknya mulai melek terhadap bidang di sektor publik”, itu pesan Ahmad Fikri Assegaf (Founding Partner AHP) kepada perwakilan ILUNI FHUI, Choky Ramadhan, saat memberikan sambutan pada pembukaan DOLC 2018, Senin (19/2).

 

(Baca Juga: Alumni Pengaruhi Minat Mahasiswa Masuk Law firm)

 

Wakil Dekan FHUI Ismala Dewi menambahkan bahwa langkah untuk menjajaki sektor publik juga harus diperhatikan mahasiswa FHUI, sehingga tidak hanya berkutat pada peminatan advokat. Ismala juga cukup bangga karena tahun ini sebanyak 80 orang mahasiswa FHUI lulus sebagai calon hakim (cakim). Menurutnya, ini merupakan langkah yang baik agar para mahasiswa mulai mewarnai berbagai sektor publik.

 

Ismala juga berpesan pentingnya seluruh mahasiswa serta lulusan FHUI untuk memperhatikan integritas. “Ikutilah falsafah ikan di laut, sekalipun laut itu asin, namun ikan tak lantas asin hanya karena air lautnya asin,” ujar Ismala.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait