Sabtu, 21 April 2018
Srikandi Hukum 2018
​​​​​​​Potret 15 Perempuan Tangguh di Sektor Hukum
​​​​​​​Masing-masing sosok memiliki cara tersendiri untuk melihat dunia hukum Indonesia dari kacamatanya sendiri.
Fathan Qorib
0
​​​​​​​Potret 15 Perempuan Tangguh di Sektor Hukum
Ilustrasi: BAS

Sebanyak 15 sosok perempuan tangguh yang berkecimpung di dunia hukum terpilih menjadi Srikandi Hukum 2018. Seluruhnya memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Mulai dari pegawai negeri hingga penegak hukum. Dari bankir sampai aktivis. Tapi yang pasti, semuanya memiliki kelebihan dan tangguh di bidangnya masing-masing.

 

Mengangkat profil para perempuan yang masuk kategori Srikandi Hukum telah dilakukan Hukumonline sejak beberapa tahun belakangan. Beragam sosok dan profesi ramai menghiasi Srikandi Hukum tiap periode. Kali ini, merupakan kali ketiga bagi Hukumonline mengangkat profil para Srikandi Hukum Tanah Air.

 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sosok Srikandi Hukum kali ini juga mengangkat profil para perempuan yang gigih di dunia hukum. Bagaimana masing-masing sosok srikandi berjuang membangun hukum Indonesia ke arah lebih baik. Dan tentu saja, sejalan dengan profesi yang diembannya.

 

Cara yang dilakukan para srikandi pun berbeda-beda dalam mengembangkan hukum di Indonesia. Ada yang lewat pendidikan yakni membagi ilmu untuk mencetak anak didik yang berprestasi di bidang akademik ilmu hukum. Harapannya, prestasi tersebut dapat tertular dan berujung pada perkembangan ilmu hukum di Indonesia.

 

Ada pula yang concern menegakkan hukum melalui rangkaian advokasi. Benih-benih menjadi pejuang di sektor hukum sudah terlihat sejak dini. Karakter memperjuangkan yang benar selalu dipegang hingga kini. Advokasi dan membela “kaum papa” dilakoni hingga orang yang teraniaya.

 

Baca:

 

Dalam tulisan, selain membahas profil para srikandi, juga mengangkat perjalanan karir masing-masing sosok. Alasan di balik memilih dunia yang ditekuni sekarang juga menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Tak jarang di antara mereka tak sengaja “kecemplung” dalam dunia hukum.

 

Ada juga di antara mereka yang memilih profesi sekarang lantaran didorong oleh keinginan orang tua. Seiring perjalanan waktu, rasa cinta pada dunia hukum akhirnya datang juga. Lainnya, banyak juga yang memilih profesi ini lantaran sesuai dengan sifat dan kepribadian. Apapun alasannya, seluruh sosok merupakan para perempuan terpilih dalam perkembangan dunia hukum Indonesia.

 

Tentu saja, kehebatan para srikandi ini juga didukung oleh keluarga terdekat. Bagaimana tantangan pekerjaan yang dibarengi dengan menjadi seorang ibu dan istri harus dilakukan tiap harinya. Meski begitu, para srikandi yang diwawancarai tersebut merasa keluarga menjadi alasan mereka untuk terus berkarya.

 

Pemilihan sosok Srikandi Hukum menjadi cara yang menarik dibahas oleh Redaksi Hukumonline. Tentu saja perdebatan dalam memilih sosok tetap ada. Namun akhirnya bisa disepakati sosok terpilih merepresentasikan perwakilan dari tiap profesi hukum yang selama ini menghiasi beranda perkembangan hukum Indonesia.

 

Masing-masing sosok memiliki cara tersendiri untuk melihat dunia hukum Indonesia dari kacamatanya sendiri. Harapannya, apa yang dilakukan memberi nilai positif bagi perkembangan hukum dalam negeri.

 

Meski begitu, tak selalu di antara mereka memiliki latar belakang pendidikan dari ilmu hukum. Namun, sumbangsihnya di dunia hukum sudah tidak diragukan lagi. Bahkan tak sedikit menjadi oase di tengah hausnya pengetahuan ilmu hukum.

 

Potret-potret ini yang kemudian dibingkai Redaksi Hukumonline dalam membahas tiap sosok srikandi. Selamat membaca!!

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.