Dies Natalis ke-72 FH Universitas Hasanuddin: Momentum Refleksi Penegakan Hukum
Terbaru

Dies Natalis ke-72 FH Universitas Hasanuddin: Momentum Refleksi Penegakan Hukum

Seluruh sivitas akademika fakultas hukum diharapkan dapat mengambil peran untuk menciptakan hukum dan penegakan hukum yang lebih baik. Sebaliknya, penegakan hukum yang lemah bakal berdampak terhadap sulitnya mencapai target Indonesia Emas 2045.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Dekan FH Unhas, Prof Hamzah Halim saat memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis ke-72 FH Unhas, Sabtu (20/4/2024) pekan lalu. Foto: Istimewa
Dekan FH Unhas, Prof Hamzah Halim saat memberikan sambutan dalam acara Dies Natalis ke-72 FH Unhas, Sabtu (20/4/2024) pekan lalu. Foto: Istimewa

Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH Unhas) baru saja menyelenggarakan Dies Natalis ke-72 yang acara puncaknya dilaksanakan pada Sabtu (20/4/2024) pekan kemarin. Acara bertema  ‘Supremasi Hukum untuk Indonesia Emas 2024’  diisi dengan dengan berbagai rangkaian acara. Antara lain Fun Run 5K dengan total 720 peserta.

Kemudian, acara tersebut pun dihadiri oleh tokoh-tokoh nasional dan alumni FH Unhas. Antara lain Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak, Hakim Agung Ibrahim, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kajati Sulsel) Agus Salim, Wakil Kajati Sulsel Set Tadung Allo, Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari, hingga Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Turut hadir pula beberapa profesor FH Unhas menyaksikan peletakan batu pertama tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan konstruksi gedung yang rencananya akan dibangun 9 lantai oleh Direktur Perencanaan Unhas. Kegiatan dalam acara ini menjadi momentum FH Unhas untuk memperkuat peran alumni dan sivitas dalam penegakan hukum di Indonesia yang selama ini jadi perhatian publik luas.

Dekan FH Unhas, Prof Hamzah Halim menyampaikan tema Dies Natalis yang di usung kali ini merupakan bagian dari refleksi penegakan hukum di Indonesia. Menurutnya hukum maupun penegakan hukum di tanah air sedang tidak dalam kondisi baik.

Baca juga:

Karenanya, Prof Hamzah berharap betul agar seluruh sivitas akademika fakultas hukum dapat mengambil peran untuk menciptakan hukum dan penegakan hukum yang lebih baik. Dia menegaskan penegakan hukum yang lemah bakal berdampak terhadap sulitnya mencapai target Indonesia Emas 2045.

"Tanpa supremasi hukum, mimpi Indonesia Emas 2045 sulit tercapai,” ujarnya dalam sambutannya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto yang juga Ketua Ikatan Alumni Unhas Wilayah Sul-Sel mengapresiasi kegiatan penyelenggaraan Dies natalis FH Unhas  yang dinilai dapat merangkul seluruh generasi. Dia menghimbau para alumni agar dapat berkontribusi dalam pembentukan hukum.

Tags:

Berita Terkait