3 Isu Penting yang Perlu Jadi Perhatian BKS Dekan FH PTN
Utama

3 Isu Penting yang Perlu Jadi Perhatian BKS Dekan FH PTN

Rencana pembentukan LAM, kunjungan ke Asosiasi Dekan FH di Korea, dan survei pendidikan tinggi hukum di Indonesia.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Ketua BKS Dekan FH PTN se-Indonesia Iman Prihandono.
Ketua BKS Dekan FH PTN se-Indonesia Iman Prihandono.

Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (BKS FH PTN) Wilayah Timur menggelar pertemuan bertajuk “Peningkatan Koordinasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Pembahasan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM)”. Acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Udayana yang diwakili Wakil Rektor Universitas Udayana Bidang Perencanaan, Kerja Sama & Informasi Prof Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika.

Ketua BKS Dekan FH PTN Wilayah Timur Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa mengatakan pertemuan ini membahas 2 hal yakni Peningkatan Koordinasi MBKM dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Keduanya yang menjadi fokus diskusi dalam pertemuan ini. Sampai saat ini FH di Indonesia belum memiliki LAM sebagai lembaga akreditasi program studi (prodi) ilmu hukum. Hal ini nanti akan dibahas lebih lanjut.

“Diharapkan, pertemuan ini dapat menghasilkan hal-hal yang lebih baik dalam upaya meningkatkan pendidikan tinggi hukum,” ujar Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa dalam sambutannya di Prama Sanur Beach, Bali, Jum'at (1/3/2024) malam.   

Hukumonline.com

Ketua BKS Dekan FH PTN Wilayah Timur Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa.

Baca Juga:

Ketua BKS Dekan FH PTN se-Indonesia Iman Prihandono, yang hadir secara daring, mengatakan ada 3 isu yang menjadi perhatian BKS Dekan FH PTN Wilayah Barat, Tengah, dan Timur sebagai hasil pertemuan pada Januari 2024 lalu. Pertama, pembentukan LAM yang telah membentuk tim khusus yang membahas lebih detail lagi sekaligus perbandingan dengan LAM yang sudah ada.

“Nantinya, kita akan putuskan, apakah akan lanjut dengan LAM ini, dipending sementara, atau mengambil langkah lain yang diperlukan,” kata Iman Prihandono saat memberi kata sambutan secara daring dalam Pertemuan BKS Dekan FH PTN Wilayah Timur, Jum’at (1/3/2024).

Kedua, BKS Dekan FH PTN se-Indonesia berencana melakukan kunjungan ke Asosiasi Dekan FH di Korea Selatan. Kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dimana Asosiasi Dekan FH Korea Selatan pernah berkunjung ke Indonesia. Ini dalam rangka penguatan hubungan kerja sama terutama soal kerja sama pusat-pusat studi kedua lembaga.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait