32 Fakultas Hukum Siap Bertarung dalam LDHON 2016
Berita

32 Fakultas Hukum Siap Bertarung dalam LDHON 2016

Dari wilayah Indonesia paling barat ada tiga perguruan tinggi asal Sumatera Utara, sedangkan dari wilayah Indonesia paling timur asalnya dari Nusa Tenggara Timur.

Oleh:
RIA
Bacaan 2 Menit
Foto: hukumpedia
Foto: hukumpedia
Menuju kompetisi debat hukum pertama yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem daring atau online, Lomba Debat Hukum Online Nasional (LDHON) 2016, resmi sudah 32 Fakultas Hukum dari berbagai universitas yang tersebar di wilayah Indonesia terdaftar. Seluruhnya, siap bertarung dan meramaikan kegiatan ini.

Berdasarkan letak geografis, tim dari Medan, Sumatera Utara, merupakan tim dengan asal paling jauh di bagian barat Indonesia. Tak hanya ada satu tim, tapi ada tiga tim sekaligus dari tiga universitas yang berbeda di Sumatera Utara. Mereka adalah Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan Universitas Islam Sumatera Utara.

Sementara,  dari wilayah timur, peserta yang akan unjuk gigi dalam ajang dengan bertemakan “Mendorong Partisipasi Publik dalam Reformasi Hukum” yang digelar oleh Hukumonline.com ini, adalah delegasi dari Fakultas Hukum Universitas Flores (Uniflor), Nusa Tenggara Timur.

Hmm, siapa saja ya penantang mereka? Ini dia daftar lengkap 32 peserta LDHON 2016:
No.Perguruan TinggiNo.Perguruan Tinggi
1 FH Universitas Bung Hatta, Padang 17 FH Universitas Katholik Atmajaya, Jakarta
2 FH Universitas International Batam 18 FH UPN Veteran, Jakarta
3 FH Universitas Andalas, Padang 19 FH Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
4 FH Universitas Pembangunan Panca Budi, Medan 20 FH Universitas Indonesia, Depok
5 FH Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara 21 FH Universitas Surabaya
6 FH Universitas Islam Sumatera Utara 22 FH Universitas Jayabaya, Jakarta
7 FH Universitas Lampung 23 FH Universitas Pamulang, Tangerang
8 FH Universitas Jember 24 FH Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto
9 FH Universitas Parahyangan, Bandung 25 FH Universitas Trisakti, Jakarta
10 FSH Universitas Islam Negeri Jakarta 26 FH Universitas Pakuan Bogor
11 FH Universitas Pancasila, Jakarta 27 FH Universitas Tujuh Belas Agutus 1945
12 FH Universitas Padjadjaran, Bandung 28 FH Universitas Semarang
13 FH Universitas Airlangga, Surabaya 29 FH Universitas Kristen Maranatha, Bandung
14 FH Universitas Bina Nusantara, Jakarta 30 FH Universitas Hassanudin, Makassar
15 FH Univeritas Pelita Harapan, Tangerang 31 FH Universitas Islam Negeri Allaudin, Makassar
16 Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera, Jakarta 32 FH Universitas Flores, Nusa Tenggara Timur

Panitia penyelenggara yang berasal dari tim komunitas Hukumonline, www.hukumpedia.com, menyebutkan bahwa dari seluruh kampus yang diundang, ada 35 fakultas hukum yang mengembalikan formulir pendaftaran. Namun, sebagaimana sejak awal telah ditetapkan bahwa hanya ada 32 kursi yang tersedia, maka tiga fakultas hukum lainnya harus gugur.

“Berdasarkan prinsip first come, first serve yang sudah kami gaungkan sejak awal publikasi acara – mulai Februari kemarin, maka 32 pendaftar pertama lah yang berhak mengikuti liga debat ini,” kata tim Hukumpedia saat mempublikasikan hasil rekapan peserta yang telah terdaftar.

Penting untuk diketahui bahwa dalam kegiatan LDHON ini, setiap opini atas mosi yang mereka dapatkan akan disampaikan melalui video yang diunggah melalui saluran youtube.com. Interaksi dan saling balas argumen pun akan dilakukan melalui platform yang sudah disiapkan oleh hukumpedia.

Cara ini tentunya mempermudah setiap mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam acara serupa. Pasalnya mereka kini tak perlu lagi memikirkan besarnya biaya transportasi dan akomodasi atau absen dari kelas dosen killer karena harus hadir dalam kegiatan tersebut. Nah, penasaran kan bagaimana LDHON 2016 ini berlangsung?

Terus ikuti perkembangannya karena sebentar lagi kegiatan ini akan digelar. Semangat dan selamat bertanding untuk 32 tim pemberani!
Tags:

Berita Terkait