4 Langkah untuk Jaga Rahasia Perusahaan
Utama

4 Langkah untuk Jaga Rahasia Perusahaan

Diantaranya seperti menetapkan aturan mengenai pentingnya menjaga rahasia perusahaan, memberi pemahaman kepada pekerja perihal sensitivitas dokumen yang dipercayakan terhadapnya, dan lain sebagainya.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Partner Dwinanto Strategic Legal Consultant (DSLC) Camelia Ahmad. Foto: Istimewa
Partner Dwinanto Strategic Legal Consultant (DSLC) Camelia Ahmad. Foto: Istimewa

Bekerja pada suatu perusahaan, tidak jarang membuat kita berhadapan dengan berkas atau informasi yang dapat masuk kategori rahasia (confidential). Lantas bagaimana sebetulnya esensi dari suatu rahasia perusahaan hingga membuatnya begitu penting?

“Secara umum rahasia perusahaan itu adalah sesuatu yang dijaga keutuhan kerahasiannya. Bisa dalam bentuk dokumen, data, metode, formula, dan segala macam. Itu banyak kategori yang jelas dia dijaga kerahasiaannya,” terang Partner Dwinanto Strategic Legal Consultant (DSLC) Camelia Ahmad kepada Hukumonline melalui sambungan telepon, Jum’at (19/5/2023).

Ia menerangkan pentingnya menjaga rahasia perusahaan bila diketahui orang umum dapat mendatangkan kerugian bagi perusahaan. “Perusahaan itu punya keunikan. Meski jenis usahanya sama, tapi pasti ada uniqueness yang berbeda. Contoh perusahaan yang bergerak di bidang tata boga, sama-sama jual nasi ayam, tapi pasti cara masak dan bumbunya berbeda. Itu yang dijaga kerahasiaannya.”

Baca Juga:

Bila diperjelas lagi, Camelia kerap membagi rahasia perusahaan menjadi 2 kategori. Pertama, rahasia eksternal, rahasia perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan usahanya yang dijaga dari pihak ketiga. Kedua, rahasia internal, berupa rahasia perusahaan yang berhubungan dengan internal di dalam perusahaan tersebut. Contohnya data karyawan berupa informasi gaji karyawan.

“Jadi rahasia perusahaan konteksnya lebih luas. Kalau rahasia dagang kan lebih ke produksi, metode, pengelolaan (punya nilai ekonomi) kalau kita lihat dari definisi UU No.30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang (UU Rahasia Dagang). Kalau rahasia perusahaan, bahkan data marketing atau data year plan perusahaan aja itu merupakan rahasia perusahaan,” terangnya.

Camelia melanjutkan untuk suatu hal dapat dikatakan sebagai rahasia perusahaan tidak hanya terbatas pada dokumen-dokumen yang dilabeli confidential, tapi patokannya juga terdapat pada kaitannya dengan keunikan atau dengan kegiatan usaha perusahaan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait