Ada Cacat Hukum, Seleksi Capim KPK Ditunda
Utama

Ada Cacat Hukum, Seleksi Capim KPK Ditunda

Komisi III segera mengundang Panitia Seleksi (Pansel) untuk mempertanyakan mengapa ada banyak calon yang salah menggunakan form surat kuasa dalam laporan kekayaannya.

Oleh:
Ali Salmande
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin (kanan) putuskan tunda uji Kelayakan dan Kepatutan calon pimpinan KPK. Foto: SGP
Wakil Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin (kanan) putuskan tunda uji Kelayakan dan Kepatutan calon pimpinan KPK. Foto: SGP

Uji Kelayakan dan Kepatutan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru saja dimulai. Namun, proses seleksi ini terpaksa dihentikan sementara. Pasalnya, Komisi III DPR menemukan fakta bahwa ada kesalahan administratif pengisian surat kuasa dalam laporan harta kekayaan para calon pimpinan KPK di Panitia Seleksi (Pansel) yang dibentuk oleh pemerintah.

 

“Kami memutuskan untuk mengundang panitia seleksi untuk menjelaskan ini semua,” ujar Wakil Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin yang memimpin rapat usai rapat antar pimpinan Komisi III di Gedung DPR, Senin (21/11).

 

Fakta ini ‘dibongkar’ oleh Ketua Komisi III Benny K Harman. Awalnya, Benny hanya berniat menunjukkan ketidaktelitian capim KPK Abraham Samad, yang mendapat giliran pertama, dalam mengisi laporan harta kekayaan. Dalam surat kuasa LHKPN itu, disebutkan bahwa penerima kuasa adalah para pimpinan KPK jilid pertama, Taufiqurahman Ruki dkk.

 

Padahal, Abraham menandatangani surat kuasa LHKPN itu pada 2011 ini, jauh setelah Ruki dkk tak lagi menjabat. “Saudara tak teliti mengisi surat kuasa ini,” ujarnya. Namun, ‘temuan’ Benny itu justru semakin dipersoalkan oleh anggota Komisi III yang lain. Hingga akhirnya digelar rapat pimpinan yang menskors rapat yang hasilnya menunda fit and proper test dan memanggil panitia seleksi.

 

Sebenarnya bukan hanya Abraham yang alpa memeriksa surat kuasa LHKPN yang ditandatanganinya. Abdullah Hehamahua, dan Aryanto Sutadi juga menggunakan form surat kuasa yang memberikan kuasa kepada pimpinan KPK jilid pertama yang diketuai oleh Taufiqurahman Ruki. Hanya, Aryanto Sutadi mencoret nama-nama penerima kuasa yang terdiri dari Ruki, Ery Riyana, Tumpak, dll.

 

Sedangkan, Handoyo dan Bambang Widjojanto tak melampirkan form surat kuasa. Yunus tak mengisi dan menandatangani form surat kuasa. Zulkarnain mengisi form surat kuasa yang benar tetapi tak ditandatangani. Dari delapan calon, hanya Adnan Pandu Praja yang mengisi dan menandatangani form surat kuasa yang benar. Informasi ini sekaligus meralat berita sebelumnya yang menyatakan laporan kekayaan tiga capim cacat hukum. 

 

Anggota Komisi III dari Partai Hanura Syarifuddin Sudding menilai fit and proper test memang tak bisa dilanjutkan karena ada cacat dalam laporan harta kekayaan calon. “Sudah tepat bila pimpinan menetapkan seleksi ini ditunda, dan memanggil pansel untuk menjelaskan ini semua,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags: