Bisakah Status Mahasiswi Jadi Faktor Meringankan Hukuman?
Hukum dan Kasih Sayang

Bisakah Status Mahasiswi Jadi Faktor Meringankan Hukuman?

Tujuan pemidanaan bukanlah untuk balas dendam. Kelompok usia muda seperti anak-anak, remaja, dan mahasiswi dianggap masih punya masa depan yang baik. Tak berarti lolos dari hukuman.

Oleh:
Muhammad Yasin
Bacaan 2 Menit
Foto ilustrasi: BAS
Foto ilustrasi: BAS

Kriminolog Universitas Indonesia, Ni Made Martini Puteri, banyak menyinggung dimensi penghukuman dalam diskusi mengenai Penyusunan Ancaman Pidana dalam Rancangan KUHP di Jakarta, Selasa (13/2) lalu. Sejumlah mahasiswi hukum dan jurnalis hukum hadir dalam acara itu. Ia mengingatkan agar penyusun RUU KUHP sensitif terhadap kelompok yang tidak mampu bertanggung jawab penuh secara pidana. Sebutlah, kaum difabel dan anak-anak.

 

Dosen kriminologi FISIP Universitas Indonesia itu berpendapat hukuman tidak bisa pukul rata kepada setiap pelaku kejahatan. Aparat penegak hukum harus mempertimbangkan banyak hal, apalagi jika pelakunya masih tergolong anak-anak atau remaja yang dalam masa pertumbuhan. “Faktor usia harus dipertimbangkan dalam penghukuman,” ujarnya.

 

Apa yang disampaikan Tinduk, begitu Ni Made Martini disapa teman-teman akrabnya, sebenarnya termuat juga dalam perundang-undangan seperti UU No. 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Anak termasuk kategori yang rentan dalam penghukuman, sehingga dalam sistem peradilan, penghukuman terhadap anak lebih disebut sebagai tindakan.

 

Status terdakwa sebagai anak, remaja, atau di bawah umur, seringkali menjadi faktor penting dalam penilaian dan penjatuhan hukuman yang layak oleh hakim. Pasal 20 UU SPPA menyatakan dalam hal tindak pidana dilakukan anak sebelum genap berusia 18 tahun dan diajukan ke sidang pengadilan setelah anak bersangkutan melampaui batas usia 18 tahun tetapi belum mencapai 21 tahun, anak tetap diajukan ke sidang anak.

 

Pada usia 18 tahun seseorang bisa saja sudah menjadi mahasiswi atau mahasiswa. Lantas, apakah mereka juga bisa mendapat perlakuan khusus dalam penghukuman? Salah satu yang menarik dalam penelusuran hukumonline adalah status mahasiswi sebagai faktor yang meringankan dalam penjatuhan sanksi terhadap pelaku tindak pidana. Bisa jadi, ini merupakan perkembangan pemikiran atau, sebaliknya, perbedaan pandangan di kalangan hakim. Dua kasus yang dibandingkan sama, yakni kecelakaan lalu lintas. Terdakwa dalam dua kasus ini sama-sama mahasiswi.

 

(Baca juga: Bahasa Hukum: Disparitas Putusan dan Pemidanaan yang Tidak Proporsional)

 

Kasus pertama terjadi pada pekan terakhir Desember 2017 di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Seorang mahasiswi berusia 20 tahun yang mengendarai motor menabrak penyeberang jalan. Gara-gara kejadian itu, ia diproses hingga ke pengadilan. Pengadilan tingkat pertama menjatuhkan hukuman enam bulan penjara, dan diperkuat hakim tingkat banding.

 

Terdakwa mengajukan kasasi dengan sejumlah alasan. Salah satunya rasa keadilan, hakim hanya memperhatikan keadilan saksi korban dan sama sekali tak mempertimbangkan keadilan bagi terdakwa. Selain itu, antara terdakwa dan korban sudah ada perdamaian disaksikan kepala desa dan saksi-saksi.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait