Cari Tahu Lebih Lengkap Mengenai Profesi Litigation Lawyer
Terbaru

Cari Tahu Lebih Lengkap Mengenai Profesi Litigation Lawyer

Litigation lawyer memberikan jasa penyelesaian sengketa hukum, seperti membuat dokumen persidangan, negosiasi, sidang, dan memberikan opini hukum.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Kelas Terbaru Online Course Hukumonline Mengenal Profesi Litigation Lawyer
Kelas Terbaru Online Course Hukumonline Mengenal Profesi Litigation Lawyer

Dalam hukum perdata terdapat istilah ganti kerugian yang timbul akibat dari wanprestasi dan perbuatan melanggar hukum. Ganti kerugian memiliki tiga unsur yaitu biaya, rugi, dan bunga. Hal ini juga diatur dalam Pasal 1365 KUH Perdata yang berbunyi “Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk mengganti kerugian tersebut.”

Mekanisme ganti kerugian korban tindak pidana dapat melalui jalur litigasi dan non litigasi. Tahap litigasi terdapat mekanisme pemberian ganti kerugian melalui pidana bersyarat dan pemberian ganti kerugian melalui penggabungan gugatan ganti kerugian kepada perkara pidana. 

Tentu saja dibutuhkan lawyer yang paham dan sesuai dengan kasus korban. Karena tidak semua lawyer sama. Lawyer sendiri terbagi menjadi dua, yakni corporate lawyer dan litigation lawyer. Corporate Lawyer adalah pengacara yang berspesialisasi dalam hukum bisnis/korporasi yang bertugas memastikan setiap tindakan pelaku usaha sesuai dengan koridor hukum dan peraturan perusahaan. Litigation lawyer memberikan jasa penyelesaian sengketa hukum, seperti membuat dokumen persidangan, negosiasi, sidang, dan memberikan opini hukum.

Terdapat 4 (empat) hal mendasar dari seorang litigation lawyer. Pertama, litigation lawyer harus berkewarganegaraan Indonesia atau WNI. Kedua, litigation lawyer wajib memiliki lisensi advokat. Ketiga, litigation lawyer memberikan jasa penyelesaian sengketa hukum litigasi seperti membuat dokumen persidangan, negosiasi, sidang, dan memberikan opini hukum. Keempat, ruang lingkup litigation lawyer meliputi baik hukum acara pidana dan perdata.

Pada intinya litigation lawyer membantu klien menyelesaikan sengketa yang dihadapi baik perkara perdata, pidana, tata usaha negara, hak kekayaan intelektual, dan lainnya. Pekerjaan litigation lawyer tak melulu ada di pengadilan karena ada juga kegiatan yang dilakukan di luar persidangan baik dalam tahap pra litigasi dan setelah selesai melakukan upaya hukum (eksekusi).

Apakah kamu tertarik menjadi litigation lawyer? Kali ini Hukumonline memberikan solusi yang cocok untuk menjadi litigation lawyer. Segera ikuti kelas Mengenal Profesi Litigation Lawyer di Online Course Hukumonline. Materi kelas kali ini disampaikan oleh Senior Associate dari Siregar Setiawan Manalu Partnership (SSMP Law Firm) yaitu Manuel Simbolon, S.H, M.H., dan Yohanes, S.H. yang memiliki pengalaman terbaik di bidang litigation lawyer

Kelas ini cocok sekali untuk mahasiswa hukum, fresh graduate hukum, dan profesional hukum untuk memulai menjadi litigation lawyer. Materi kelas ini akan menjelaskan syarat-syarat yang wajib dipenuhi dan keahlian/spesialisasi khusus yang harus dimiliki oleh profesi litigation lawyer.

Bersamaan dengan Waktu Indonesia Gajian, semua kelas Online Course hanya mulai dari 149ribu 99ribu dengan menggunakan kode voucher PGOC sampai tanggal 5 April 2023. Tunggu apa lagi! Kunjungi learning.hukumonline.com sekarang juga untuk mendapatkan promo spesialnya.

Tags: