Data Protection Officer Peluang Karier Baru bagi Lulusan Hukum
Terbaru

Data Protection Officer Peluang Karier Baru bagi Lulusan Hukum

Profesi DPO bisa menjadi pilihan karier baru bagi sarjana hukum. Di dalam UU PDP mensyaratkan seorang DPO harus memiliki kualitas profesional, pengetahuan mengenai hukum, dan praktik pelindungan data pribadi.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Data Protection Officer Peluang Karier Baru bagi Lulusan Hukum
Hukumonline

Profesi Data Protection Officer (DPO) semakin dibutuhkan sejak diundangkannya UU No. 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (PDP). Sejak berlakunya undang-undang ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia akan wajib untuk tunduk pada norma hukum baru yang diatur di dalam UU PDP.

Salah satunya adalah kewajiban perusahaan untuk menunjuk seorang DPO atau seseorang yang bertugas sebagai pejabat atau petugas yang melaksanakan fungsi pelindungan data pribadi.

Penunjukan DPO merupakan pelaksanaan dari asas akuntabilitas perusahaan di dalam melindungi data pribadi yang diatur dalam UU PDP. Dengan adanya DPO, kepatuhan terhadap UU PDP akan berjalan efektif.

Baca Juga:

Profesi DPO bisa menjadi pilihan karier baru bagi sarjana hukum. Tugas seorang DPO adalah untuk memastikan kepatuhan perusahaan terhadap UU PDP yang berlaku. Sesuatu yang ada kaitannya dengan pemrosesan data pribadi di dalam perusahaan harus melibatkan DPO, begitupun perusahaan wajib berkonsultasi dengan DPO sebelum memberikan keputusan terhadap pemrosesan data pribadi di perusahaannya.

Sebelumnya, DPO sudah di atur dalam Peraturan Menteri Kominfo No.20 Tahun 2016 yang mewajibkan penyelenggara sistem elektronik untuk menyediakan narahubung yang mudah dihubungi oleh pemilik data pribadi terkait pengelolaan data pribadinya.

Kemudian, di dalam UU PDP lebih lanjut menjelaskan dan mengatur tugas dan wewenang DPO, yaitu:

1.  Menginformasikan dan memberikan saran untuk pengendali data pribadi atau data prosesor data pribadi agar mematuhi ketentuan yang ada di dalam UU PDP.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait