Terbaru

Dies Natalis ke-57, Dekan: Lulusan FH UNEJ Harus Bisa Beradaptasi

Dalam rangkaian acara Dies Natalis FH UNEJ ke-57, FH UNEJ menggelar 21 acara Talk Show dengan 21 institusi mitra dengan topik “Peluang Kerja bagi Sarjana Hukum”. Rinciannya, 10 institusi mitra talk show secara luring dan 11 mitra institusi secara daring.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 3 Menit
Dekan FH UNEJ, Bayu Dwi Anggono saat pembukaan acara Dies Natalis FH UNEJ ke-57 secara daring, Rabu (3/11/2021). Foto: AID
Dekan FH UNEJ, Bayu Dwi Anggono saat pembukaan acara Dies Natalis FH UNEJ ke-57 secara daring, Rabu (3/11/2021). Foto: AID

Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember (FH UNEJ) ke-57, FH UNEJ menggelar acara UNEJ Law Job and Edu Fair secara hybrid dari 3 November s.d. 6 November 2021. Acara ini dengan tema FH UNEJ Gotong Royong Untuk Indonesia Tangguh” ini digelar 21 acara Talk Show dari 21 Mitra Institusi FH UNEJ bertajuk “Peluang Kerja Bagi Sarjana Hukum” untuk memeriahkan Dies Natalis FH UNEJ tahun ini. Dalam pembukaan rangkaian kegiatan Dies Natalis ini dihadiri berbagai instansi mitra FH UNEJ baik secara offline dan online.

Para tamu undangan yang hadir secara offline yakni perwakilan dari PN Jember, Polres Jember, Kejari Jember, BPN Jember, OJK Jember, DPC Peradi Jember, Kantor Imigrasi Jember, BPJS Ketenagakerjaan Jember, BSI, INI/PPAT Jember Bondowoso. Sedangkan, para tamu undangan yang hadir secara online yakni MK RI, Bawaslu, KPPU, PPATK, BPIP, Ditjen PP, BANI, Badan Keahlian DPR, Pemkab Banyuwangi, Wikati Education, dan Hukumonline.com.

Dekan FH UNEJ, Bayu Dwi Anggono mengucap syukur alhamdulillah bisa berkumpul pada hari ini dalam acara salah satu rangkaian Dies Natalis FH UNEJ ke-57 tahun. Dies Natalis FH UNEJ ke-57 ini mengangkat tema “Gotong Royong untuk Indonesia Tangguh”. Pendirian FH UNEJ memperluas kesempatan masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi, mensejahterakan rakyat.

“Banyak kontribusi dan sumbangsih yang diberikan FH UNEJ kepada bangsa dan negeri melalui alumninya. Alumninya semakin berkontribusi dalam pembangunan hukum di Indonesia. Hal ini tak lepas dari gotong royong FH UNEJ dari berbagai institusi dan kemitraan,” ujar Bayu Dwi Anggono saat pembukaan buka acara Dies Natalis FH UNEJ ke-57 secara daring, Rabu (3/11/2021).

Bayu menjelaskan melalui tema tersebut FH UNEJ berusaha mempraktikkan prinsip gotong royong. Salah satunya rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57 ini menggandeng para institusi mitra FH UNEJ untuk mengedukasi dan memberikan informasi kebutuhan SDM di bidang hukum sesuai perannya masing-masing. Agar mahasiswa FH UNEJ dapat lebih awal mempersiapkan rencana profesi yang diinginkan seusai mengenyam pendidikan sarjana hukum.

Mahasiswa dan alumni yang baru lulus atau fresh graduate bisa mempersiapkan lebih awal untuk memulai kariernya. Dalam rangkaian acara Dies Natalis tahun ini ada Law Job Fair dan Edu Fair FH UNEJ. Mengingat tantangan lulusan perguruan tinggi di masa ini makin berat karena dampak pandemi, FH UNEJ berupaya agar lulusan FH UNEJ harus bisa beradaptasi. Misalnya, mahasiswa dan lulusan FH UNEJ tidak hanya fokus ahli satu bidang tertentu, tetapi juga menguasai bidang-bidang lain,

Dia menerangkan FH UNEJ selama ini mempunyai program kakak asuh alumni. Sejak awal mahasiswa FH UNEJ diminta untuk mengisi kuesioner dengan berbagai macam pilihan profesi, sehingga mahasiswa FH UNEJ dari semester awal hingga skripsi dibimbing alumni sesuai profesi yang dipilih. Dengan begitu, para mahasiswa akan langsung mengetahui dunia praktik.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait