Ditjen PAS Ajak Masyarakat Berpartisipasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan
Terbaru

Ditjen PAS Ajak Masyarakat Berpartisipasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan

Diluncurkannya Website SABerPAS sebagai bentuk keterbukaan Ditjen PAS kepada masyarakat.

Aji Prasetyo
Bacaan 3 Menit
Dirjen PAS beserta jajaran meresmikan peluncuran aplikasi SABerPAS di Hotel Grand Mercure, Kemayoran.  credit title foto : Humas Ditjen PAS
Dirjen PAS beserta jajaran meresmikan peluncuran aplikasi SABerPAS di Hotel Grand Mercure, Kemayoran. credit title foto : Humas Ditjen PAS

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM meluncurkan sebuah website bernama Sistem Analisa Berita dan Publikasi Pemasyarakatan (SABerPAS). Peluncuran website ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pengelolaan dan publikasi Pemasyarakatan sebagai upaya untuk meningkatkan citra Pemasyarakatan.

Dirjen PAS Reynhard Silitonga dalam sambutannya berharap website SABer PAS nantinya mempermudah sinergi pemasyarakatan dengan media dan masyarakat berkaitan dengan Analisa pemberitaan dan publikasi Pemasyarakatan di seluruh Indonesia baik di wiayah pusat dan daerah. Selain itu peluncuran ini juga sebagai bentuk keterbukaan Ditjen PAS terhadap masyarakat.

Reynhard menegaskan bahwa SABer PAS diharapkan akan menjadi wujud sinergi pemasyarakatan, media, dan masyarakat agar publikasi cerita positif pemasyarakatan semakin meningkat dan menjadi pemahaman serta opini publik.

Apalagi di tengah era disrupsi digital seperti saat ini juga memberikan keuntungan bagi masyarakat yang memiliki hak untuk mendapatkan informasi yang aktual, jelas, dan berimbang dari sumber terpercaya. (Baca: Warga Binaan Pemasyarakatan Diusulkan Masuk Kelompok Prioritas Vaksinasi)

“Walaupun berita negatif pun tetap adalah tantangan yang menjadi koreksi dan masukan bagi pemasyarakatan yang lebih baik,” ujarnya, di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Selasa (18/5).

Tak hanya itu, sinergi dengan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata Ditjen PAS mengajak masyarakat untuk berpartisipasi langsung dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan. Ia mengaku yakin masyarakat dapat menjadi agen informasi yang efektif dengan cakupan yang lebih luas, dan terutama keterlibatan langsung sehingga dibutuhkan sinergi pemasyarakatan dengan media dan masyarakat.

Menurut Reynhard, sinergi dengan media massa dan masyarakat merupakan hal yang penting. Sebab merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemasyarakatan seiring dengan adanya Tiga Kunci deteksi dini, sinergi, Pemasyarakatan Maju, yaitu dan berantas narkoba yang mendukung tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI) Kementerian Hukum dan HAM.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait