FH UI Dinobatkan Peringkat I Kampus Hukum di Indonesia oleh THE WUR 2024
Terbaru

FH UI Dinobatkan Peringkat I Kampus Hukum di Indonesia oleh THE WUR 2024

FH UI memperoleh peringkat 201-250 penyelenggara pendidikan tinggi hukum terbaik di dunia dan menjadi peringkat satu kampus hukum di Indonesia yang masuk daftar pemeringkatan Times Higher Education World University Rangking 2024 by Subject.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Dekan FHUI, Parulian Paidi Aritonang. Foto: RES
Dekan FHUI, Parulian Paidi Aritonang. Foto: RES

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) kembali memperoleh peringkat membanggakan di kancah internasional. FH UI menduduki peringkat 201-250 penyelenggara pendidikan tinggi hukum terbaik di dunia berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rangking (WUR) 2024 by Subject dan menjadi peringkat satu kampus hukum di Indonesia yang masuk daftar pemeringkatan THE WUR 2024 by Subject.

“Kabar yang mengukir sejarah dan menorehkan prestasi luar biasa bagi FH UI. Terbaru, FH UI telah meraih peringkat 201–250 Times Higher Education by Subject tingkat dunia, dan peringkat 1 di Indonesia,” ungkap Dekan FH UI Dr. Parulian Paidi Aritonang dalam keterangannya yang diterima Hukumonline, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga:

Menurutnya, prestasi yang diperoleh ini menjadi buah hasil kerja sama dan kerja keras yang dilakukan civitas akademika FH UI. “Pencapaian ini merupakan pencapaian yang luar biasa karena dari keseluruhan bidang ilmu, UI merupakan satu-satunya universitas (penyelenggara pendidikan tinggi hukum) di Indonesia yang masuk THE WUR 2024 by Subject untuk Law,” kata dia.

Pada pemeringkatan THE WUR 2024 ini, FH UI dapat masuk dalam deretan 329 institusi penyelenggara pendidikan tinggi hukum dunia. Hal tersebut membawa kebanggan tersendiri mengingat faktanya cukup sulit bagi kampus hukum untuk dapat memenuhi syarat agar masuk dalam radar THE WUR.

Capaian ini merupakan hasil dari kerja keras, dedikasi, semangat kolaborasi seluruh civitas akademika FH UI, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni serta dukungan yang luar biasa dari Universitas. Hendaknya prestasi ini dapat menjadi energi besar untuk kita semua,” harap Parulian.

Dengan pencapaian ini, ia berharap seluruh elemen FH UI dapat semakin bersemangat untuk senantiasa dalam melakukan Inovasi Entrepreneur Hukum. Khususnya dalam kontribusi pendidikan dan pengembangan hukum Indonesia yang berkualitas dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia.

Untuk diketahui, terdapat 5 indikator utama yang ditentukan berdasarkan penilaian THE WUR 2024 by Subject. Antara lain Teaching (29,50%), Research Environment (29%), Research Quality (30%), International Outlook (7,50%), dan Industry (4%).

Dari kelima indikator tersebut, kemudian diterapkan terhadap bidang-bidang ilmu yang dinilai dalam pemeringkatan. Bidang ilmu yang masuk dalam THE WUR 2024 by Subject, UI unggul untuk Business and Economics dengan Overall Score 34,2–37,3; Law dengan score 34,0–38,7; dan Psychology dengan score 36,3–41,4.

Sebagai informasi, terdapat sejumlah nama perguruan tinggi Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar THE WUR 2024 untuk World University Ranking. Universitas Indonesia menduduki posisi pertama di Indonesia dengan ranking 801-1000. Kemudian terdapat Universitas Airlangga pada posisi kedua dengan ranking 1201-1500, Institut Teknologi Bandung peringkat ketiga, dan seterusnya.

Tags:

Berita Terkait