Informasi Magang di Law Firm Hingga Bank Perlu Hati-hati Menerima KI Sebagai Jaminan
Terbaru

Informasi Magang di Law Firm Hingga Bank Perlu Hati-hati Menerima KI Sebagai Jaminan

Lulusan sarjana hukum perlu mengetahui Langkah-langkah untuk menjadi advokat, MKK sebagai kantor hukum terbanyak miliki partner Wanita, dan mengetahui ragam sebab terjadinya konflik pertanahan.

Oleh:
M. Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Informasi Magang di Law Firm Hingga Bank Perlu Hati-hati Menerima KI Sebagai Jaminan
Hukumonline

Dari tahun ke tahun, tak henti-hentinya Hukumonline dengan terus setia memberikan ragam informasi hukum berkualitas setiap harinya kepada masyarakat luas. Tentu, tiap artikel yang disajikan khususnya dalam bentuk pemberitaan bertujuan agar masyarakat lebih melek hukum.

Beragam isu disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Kali ini, Redaksi Hukumonline merangkum 5 artikel pilihan yang tayang pada Selasa (6/9). Yuk, kita simak artikelnya bersama-sama!

1. KI Sebagai Jaminan Utang, Perbankan Diingatkan Terapkan Prinsip Kehati-hatian

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae menyatakan pihaknya mendukung implementasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebagai salah satu objek jaminan utang. Namun, dia mengingatkan agar penerapannya tetap memprioritaskan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko yang baik di sektor jasa keuangan.

Baca Juga:

2. Spesialisasi Berkarier Menjadi Advokat

Ada banyak spesialisasi yang dapat dipilih oleh lulusan ilmu hukum jika ingin berkarier menjadi advokat. Sebelum menentukan spesialisasi advokat, pastikan calon advokat telah mengikuti Pendidikan Profesi Advokat beserta lulus ujian profesi advokat dan telah menempuh magang selama dua tahun berturut-turut di sebuah kantor advokat.

3. Melihat Deretan Law Firm Terbanyak Miliki Partner Wanita 2022

Jumlah responden dalam Survei Kantor Hukum Indonesia Tahun 2022 (Top 100 Indonesian Law Firms 2022) sebanyak 167 kantor hukum dan mengalami peningkatan sebesar 18,44% di bandingkan tahun 2021. Ada kategori baru dari 11 kategori survei tahun ini, salah satunya kategori kantor hukum dengan Partner wanita terbanyak atau “Law Firm with Most Female Partners 2022”. Kantor Hukum Mochtar Karuwin Komar (MKK) yang telah berdiri sejak tahun 1971 menduduki peringkat pertama sebagai kantor hukum yang memiliki Partner wanita terbanyak dari 167 kantor hukum Indonesia yang mengikuti survei. Terdapat 10 Partner Wanita dari total 13 Partner yang ada di kantor hukum ini. Dengan kata lain, sebesar 76,92% Partner di MKK adalah wanita.

4. Pemerintah Diminta Atasi Ragam Penyebab Konflik Pertanahan

Persoalan sengketa lahan hingga berujung konflik nyaris terjadi di banyak daerah di tanah air. Ironisnya, konflik sengketa lahan melibatkan masyarakat yang saling berlawanan. Seperti masyarakat dengan masyarakat, perusahaan dengan masyarakat, bahkan perusahaan dengan perusahaan lainnya. Bila ditelisik mendalam terdapat sejumlah faktor yang menjadi penyebab munculnya sengketa lahan yang berujung konflik.

5. Yuk! Simak Informasi 3 Peluang Magang di Law Firm

Memulai karier di firma hukum merupakan impian sebagian mahasiswa ataupun fresh graduate Fakultas Hukum. Salah satu posisi yang dapat dijadikan pijakan pertama untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan adalah melalui program magang. Melalui program ini, para peserta magang tentu bisa menjadi pengalaman berharga dalam dunia profesi advokat dalam menangani berbagai kasus hukum.

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel hari ini dapat memberikan informasi tambahan bagi Anda. Simak beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait