Berita

Ini Alasan Ketua KPK Tunjuk Dua Plt Jubir

Satu jubir khusus pencegahan, satu lagi khusus bicara penindakan. Dua bidang tersebut dianggap berkaitan satu sama lain.

Oleh:
RED/ANT
Bacaan 2 Menit
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: RES
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: RES

Ketua KPK Firli Bahuri elah menunjuk dua pelaksana tugas (Plt) jur bicara KPK yang baru menggantikan Febri Diansyah. Keduanya adalah ipi Maryati Kuding dan Ali Fikri. Ipi ditunjuk sebagai juru bicara bidang pencegahan, sementara Ali Fikri mendapat tugas sebagai juru bicara bidang penindakan.

 

"Kenapa kami pimpinan membentuk dua juru bicara karena sesungguhnya setiap ada penindakan itu harus diikuti dengan langkah pencegahan. Langkah pencegahan itu juga harus diikuti dengan penindakan apabila pencegahan itu tidak berhasil," kata Firli sebagaimana dikutip dari Antara di Jakarta, Jumat (27/12).

 

Ipi Maryati sebelumnya menjabat sebagai staf fungsional Biro Hubungan Masyarakat, sementara Ali Fikri diketahui merupakan Jaksa Penuntut Umum KPK. Firli mengatakan kedua pelaksana tugas juru bicara ini nantinya akan bersinergi dengan seluruh media untuk mendistribusikan informasi baik mengenai penindakan, pencegahan, maupun isu-isu lainnya yang berkaitan dengan lembaga antirasuah itu.

 

Firli menjelaskan masing-masing juru bicara nantinya akan menyampaikan informasi terkait dengan bidang masing-masing. Ia lantas mencontohkan mengenai tugas juru bicara bidang pencegahan. Ada beberapa daerah yang rentan korupsi, misalnya, satu di bidang pengadaan barang dan jasa.

 

"Seluruh kasus korupsi pengadaan barang dan jasa itu modus operandinya sama. Jadi, kalau ada 10 daerah yang terkena kasus pengadaan barang dan jasa, sesungguhnya juru bicara pencegahan sudah mengambil langkah apa yang harus dilakukan di bidang pencegahan," kata Firli.

 

Firli menjelaskan bahwa kedua juru bicara tersebut nantinya akan bersinergi satu sama lain untuk mendistribusikan informasi, baik mengenai penindakan, pencegahan, maupun isu-isu lainnya, yang berkaitan dengan lembaga antirasuah itu kepada seluruh media.

 

"Ke depan kami tetap pada semangat tidak akan pernah berhenti untuk melawan korupsi. Mari bersatu bekerja membangun negeri membebaskan NKRI dari praktik korupsi," ucap Firli.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait