INI Organisasi Profesi Hukum Tertua di Indonesia
Terbaru

INI Organisasi Profesi Hukum Tertua di Indonesia

Sudah berusia lebih dari 100 tahun sejak berdiri pada masa kolonial Belanda.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi profesi notaris
Ilustrasi profesi notaris

Tahukah Anda bahwa Ikatan Notaris Indonesia (INI) adalah organisasi profesi hukum tertua di Indonesia? Merujuk buku perayaan 100 tahun INI berjudul Jati Diri Notaris Indonesia: Dulu, Sekarang, dan Di Masa Datang, Pengurus Pusat INI (PP INI) membuktikan fakta itu.

Perpustakaan Leiden di Belanda menyimpan anggaran dasar INI yang sebelumnya bernama de Nederlandsch-Indische Notarieele Vereeniging. “Tercatat dengan jelas bahwa organisasi ini telah disahkan Pemerintah Kolonial Belanda (Gouvernements Besluit) tanggal 5 September 1908 Nomor 9 dengan tempat kedudukan di Jakarta,” demikian tertulis dalam buku itu.

Penyusun buku melampirkan teks asli bahasa Belanda dan terjemahan anggaran dasar tersebut. Pasal 3 dokumen bersejarah itu mencatat tanggal pendirian INI pada 1 Juli 1908. “Setelah Indonesia merdeka, para notaris berkebangsaan Indonesia, diwakili ketuanya Notaris Eliza Pondaag, mengajukan permohonan tertulis tertanggal 17 November 1958 kepada pemerintah Indonesia untuk mengubah anggaran dasar organisasi,” demikian penjelasan lanjutan dalam buku Jati Diri Notaris Indonesia: Dulu, Sekarang, dan Di Masa Datang ini.

Pengesahan perubahan anggaran dasar diumumkan dalam Tambahan Berita Negara tanggal 6 Maret 1959 Nomor 19. Isinya yang utama adalah pengubahan nama perkumpulan de Nederlandsch-Indische Notarieele Vereeniging menjadi Ikatan Notaris Indonesia (INI). “Sejak saat itu INI diakui sebagai satu-satunya organisasi notaris di Indonesia sampai sekarang,” kata penulis buku.

Baca Juga:

Namun, ada kekosongan data untuk melacak aktivitas INI sejak tahun 1951 sampai tahun 1974. Ketua Umum INI yang diketahui menjabat saat itu adalah GHS Loemban Tobing. Selanjutnya Ketua Umum INI dijabat Soeleman Ardjasasmita periode 1987-1990. Wawan Setiawan menjabat Ketua Umum INI periode 1990-1996. Harun Kamil menjabat Ketua Umum INI periode 1996-2003. Tien Norman Lubis menjabat Ketua Umum INI periode 2003-2009.

Selanjutnya Adrian Djuaini menjabat Ketua Umum INI periode 2009-2012 dan periode 2013-2016. Saat ini Yualita Widyadhari masih menjabat Ketua Umum INI sejak terpilih tahun 2016. Kongres pemilihan Ketua Umum INI berikutnya harusnya dijadwalkan tahun 2020, namun ditunda karena pandemi covid-19. Kabar terkini Kongres itu masih diundur selambatnya pada Maret 2023.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait