Inisiatif Peradi-SAI Jangkau Pemukiman Padat untuk Percepat Vaksinasi Covid-19
Terbaru

Inisiatif Peradi-SAI Jangkau Pemukiman Padat untuk Percepat Vaksinasi Covid-19

Inisiatif penyediaan mobil vaksin keliling diharapkan membantu percepatan program vaksinasi Covid-19, mengurangi potensi kerumunan pada saat proses vaksinasi Covid-19, serta menjangkau wilayah yang padat dan terpencil.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Mobil Vaksin Merdeka Keliling hasil kerja sama Peradi-SAI dengan Polres Metro Jakarta Selatan. Foto: istimewa.
Mobil Vaksin Merdeka Keliling hasil kerja sama Peradi-SAI dengan Polres Metro Jakarta Selatan. Foto: istimewa.

Bekerja sama dengan Polres Metro Jakarta Selatan, Mobil Vaksin Merdeka Keliling menjadi langkah Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) untuk mendukung upaya pemerintah menciptakan herd immunity (kekebalan komunal) lewat vaksinasi. Peradi-SAI memahami, ada banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses vaksinasi, terlebih di daerah perkampungan maupun pemukiman padat penduduk.

 

Pun itu sebabnya, menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-76 pada 17 Agustus 2021, layanan Vaksin Merdeka hari pertama telah diselenggarakan pada Selasa (3/8), pukul 19.00-22.00 WIB. Berlokasi di rumah Ketua RW 7 Ulu Jami, Jakarta Selatan, acara ini mendapatkan sambutan yang luar biasa oleh masyarakat setempat. Dalam waktu tiga jam, setidaknya 100 orang telah mendapatkan vaksin dosis pertama dan menerima paket sembako.

 

Sesuai rencana, Vaksin Merdeka akan berlangsung mulai tanggal 3 Agustus hingga 16 Agustus 2021. Menyasar langsung ke daerah perkampungan maupun pemukiman padat penduduk yang berada di wilayah Polres Metro Jakarta Selatan, vaksinasi tersebar di 133 titik dengan waktu pelaksanaan berbeda: 08-12.00 WIB, 13.00-16.00 WIB, dan 19.00-22.00 WIB.

 

Ketua Umum Peradi-SAI, Juniver Girsang mengungkapkan, selain menerapkan protokol kesehatan ketat, vaksinasi merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19. Apalagi, saat ini tengah berkembang varian baru Covid-19 yang dapat menular lebih cepat dan berdampak lebih berat. “Untuk itu, vaksinasi diharapkan menjadi salah satu upaya dalam menekan penularan virus ini. Inisiatif penyediaan mobil vaksin keliling ini diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi Covid-19, mengurangi potensi kerumunan pada saat proses vaksinasi Covid-19, serta menjangkau wilayah yang padat dan terpencil,” kata Juniver.

 

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol. Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., menyambut baik kolaborasi yang dilakukan PERADI-SAI dalam penyediaan Mobil Vaksin Merdeka Keliling di wilayah Jakarta Selatan. “Keberadaan Mobil Vaksin Merdeka Keliling seperti ini sangat membantu, khususnya warga yang tidak memiliki transportasi maupun para lansia, sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat vaksinasi Covid-19. Dengan cara seperti ini, diharapkan target vaksinasi terhadap 7,5 juta warga DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021 dapat segera tercapai. Sebentar lagi kita menyampbut kemerdekaan dengan semangat Merdeka dari Covid 19,” pungkasnya.

 

Artikel merupakan kerja sama Hukumonline dengan Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (PERADI-SAI).

Tags:

Berita Terkait