Kasus ‘Hilangnya’ Wartawan Arab Saudi Termasuk Eksekusi Extra Judicial?
Berita

Kasus ‘Hilangnya’ Wartawan Arab Saudi Termasuk Eksekusi Extra Judicial?

Bila kabar pembunuhan terhadap Khashoggi benar, sanksi yang dapat dijatuhkan terhadap pelaku tergantung dari hubungan bilateral antara kedua negara.

Oleh:
M-27
Bacaan 2 Menit
Foto: youtube
Foto: youtube

Kasus ‘hilangnya’ wartawan Arab Saudi, Jamal Ahmad Khashoggi, menjadi perhatian dunia. Bahkan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut bereaksi atas kasus tersebut. Belakangan muncul dugaan bahwa Khashoggi telah tewas dibunuh.

 

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia (AII), Usman Hamid, memberikan dua catatan terkait kasus ini. Pertama, meminta masyarakat internasional tidak tinggal diam terhadap kabar dibunuhnya kolumnis Washington Post , yang juga penulis dan pemimpin redaksi AL Arab News Channel tersebut. Kedua, mendesak pemerintahan Turki untuk membuka seluruh hasil investigasi yang mereka lakukan dalam kasus Khashoggi.

 

Menurut Usman, ‘hilangnya’ Khashoggi setelah memasuki kantor konsulat Saudi di Istanbul, Turki dapat memunculkan citra buruk bagi Turki. Apabila pembunuhan tersebut benar terjadi maka hal itu bisa dianggap sebuah pelanggaran terhadap kedaulatan Turki.

 

Usman menjelaskan, meski hukum yang berlaku secara yurisdiksi adalah hukum Arab Saudi, tentu saja peranan dari komunitas internasional sangat strategis. Oleh karena itu, masyarakat dunia tidak boleh berdiam diri atas terjadinya peristiwa penghilangan atau kabar pembunuhan terhadap Khashoggi.

 

Terlebih, kata Usman, meskipun saat ini wewenangnya ada di Arab Saudi, namun Pemerintah Turki tetap harus mengambil andil dalam kasus ini untuk menyelidiki serta melakukan investigasi. Diharapkan ada semacam investigasi yang dilakukan oleh Pemerintah Turki karena peristiwa tersebut tidak dapat dianggap peristiwa internal Pemerintah Arab Saudi sendiri.

 

Bila kabar pembunuhan terhadap Khashoggi benar, Usman menjelaskan bahwa sanksi yang dapat dijatuhkan terhadap pelaku tergantung dari hubungan bilateral antara kedua negara dan dinamika hubungan internasional dari berbagai negara yang saat ini sudah mulai bersuara terhadap kasus Khashoggi.

 

Usman juga mengatakan bila tindakan pidana tersebut benar terjadi sesuai dugaan, maka ada dampak bagi Arab saudi. Menurutnya, akan muncul berbagai preseden buruk dan kasus ini dianggap sebagai ancaman, khususnya bagi para jurnalis. Sehingga, seluruh pihak diharapkan dapat mengambil andil dalam mengungkap kasus ini.

Tags:

Berita Terkait