Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Hukum, Kunci WH&SD Sukseskan Transaksi IPO
Hukumonline’s Capital Market Lawyers Ranking 2022

Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Hukum, Kunci WH&SD Sukseskan Transaksi IPO

Human factor berkontribusi pada penguasaan hukum yang berasal dari kombinasi pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman luas dalam memberikan nasihat kepada klien, baik berdasarkan faktor hukum maupun di luar hukum.

Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 5 Menit
William Hendrik & Siregar Djojonegoro Law Group (WH&SD). Foto: istimewa.
William Hendrik & Siregar Djojonegoro Law Group (WH&SD). Foto: istimewa.

2022 membawa harapan baru bagi transaksi sektor pasar modal. Sejak pandemi Covid-19 mereda, antusiasme pelaku sektor pasar modal terus meningkat. Apalagi, dibarengi dengan pengenalan listing secara terbuka oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Kabar baik ini disampaikan oleh Senior Partner William Hendrik & Siregar Djojonegoro Law Group (WH&SD), Hendrik Silalahi dalam pertemuan penganugerahan Hukumonline’s Capital Market Lawyers Ranking 2022 dengan Hukumonline beberapa waktu lalu.

 

“Salah satu yang terasa, adanya pertemuan langsung. Tahun-tahun sebelumnya, dari 2020-2022, listing dilakukan secara virtual atau online. Namun, akhirnya kita sudah bertemu secara fisik, site visit langsung. Pencet bel lagi. Tentunya ini disambut baik oleh para emiten, karena mereka bisa mengalami secara langsung,” kata Hendrik Silalahi yang merupakan Senior Partner yang memimpin Capital Market Practice Group di WH&SD.

 

Meski belum berlaku 100%, perpindahan interaksi dari online ke offline-atau hybrid pada akhirnya mengubah pendekatan penanganan transaksi yang dilakukan WH&SD. Sebuah perubahan yang dirasa positif oleh salah seorang Partner WH&SD, Rudy Kusmanto, sebab ada sejumlah kemudahan interaksi dan proses pengecekan dokumen.

 

Perbedaan lain, Rudy juga menemukan, ada variasi dalam hal sektor industri yang terlibat. Menduduki peringkat kedua dalam kategori Top 5 Law Firms for Most IPO Transaction 2022, WH&SD telah menangani lima transaksi penawaran umum perdana (initial public offering-IPO) yang berasal dari sejumlah industri berbeda, mulai dari food and beverages, kesehatan, fashion, hingga manufaktur.

 

Hukumonline’s Capital Market Lawyers Ranking 2022 mencatat, ada 59 transaksi IPO sepanjang tahun 2022—naik sebesar 20,40% jika dibandingkan dengan 2021. Keseluruhan transaksi tersebut, terdiri atas 13 transaksi di papan utama, 34 transaksi di papan pengembang, dan 10 transaksi di papan akselerasi.

 

“Pada transaksi IPO tahun 2022, barang konsumen primer merupakan sektor penempatan tertinggi, yaitu mencapai 15 transaksi. Berbeda dengan tahun 2021, transportasi dan logistik merupakan sektor tertinggi, tetapi sektor tersebut hanya memiliki intensitas transaksi sebesar tiga kali pada 2022. Intensitas transaksi tertinggi kedua terletak pada sektor barang konsumen nonprimer sebanyak 12 transaksi, sehingga dari 59 transaksi yang ada sektor emiten barang konsumen sebesar 45,7%. Sedangkan sektor keuangan memiliki intensitas transaksi paling rendah, yaitu satu kali transaksi, kemudian disusul oleh sektor perindustrian sebanyak dua kali transaksi,” sebagaimana dikutip dari artikel berjudul Jajaran Kantor Hukum dan Lawyer Paling Giat Transaksi dan Emisi Tertinggi IPO 2022.

 

Peran Penting WH&SD sebagai Konsultan Hukum Pasar Modal

Sebagai profesi penunjang transaksi pasar modal, peran penting konsultan hukum terletak pada proses pemeriksaan hukum (legal due diligence) terhadap dokumen perusahaan yang akan melakukan aksi korporasi. Ia adalah ‘pintu masuk’ bagi perusahaan untuk dianggap layak tercatat di bursa dari kacamata hukum, misalnya dengan memastikan kegiatan operasional, struktur permodalan, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait