KPK Diminta Tak Langsung Percaya Nazaruddin
Aktual

KPK Diminta Tak Langsung Percaya Nazaruddin

Oleh:
Fat
Bacaan 2 Menit
KPK Diminta Tak Langsung Percaya Nazaruddin
Hukumonline

Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho berharap KPK tak menelan mentah-mentah ucapan politisi Partai Demokrat M Nazaruddin yang mengatakan banyak politisi Demokrat yang terlibat kasus Sesmenpora. Menurut dia, keterangan Nazaruddin di Singapura itu baru bisa dianggap benar apabila mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu mengatakan di KPK saat diperiksa.

 

Karena, lanjut Emerson, pernyataan saksi di luar pemeriksaan bisa dianggap tak sah. "Secara tidak langsung Nazaruddin sedang ngerjain KPK melalui pernyataan-pernyataannya di internet maupun SMS atau pesan singkat," ujar Emerson saat ditemui di KPK, Selasa (21/6).

 

Atas dasar itu pula, Emerson berharap KPK bisa segera memeriksa Nazaruddin agar kasus dugaan suap dalam pembangunan wisma atlet di Palembang, Sumatera Selatan itu bisa terungkap. Seperti diketahui, sejumlah pernyataan Nazaruddin baik melalui internet ataupun SMS beredar ke beberapa media yang mengatakan ada petinggi Demokrat turut terlibat dalam kasus ini. 

 

Sudah dua kali Nazaruddin mangkir dari pemanggilan KPK karena tengah berobat di Singapura. Anggota Komisi VII DPR itu diperiksa dengan status sebagai saksi. Ada tiga tersangka yang sudah ditahan oleh KPK terkait kasus ini. Mereka adalah, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Wafid Muharram, Direktur Marketing PT Anak Negeri Mindo Rosalina Manulang dan Direktur Marketing PT Duta Graha Indah Muhammad El Idris. Saat penangkapan, KPK mendapati cek senilai Rp3,2 miliar yang diduga sebagai suap. Total uang negara dalam proyek ini mencapai Rp191 miliar.

Tags: