KPK Tangkap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI
Berita

KPK Tangkap Wakil Ketua Komisi VII DPR RI

Penangkapan diduga terkait proyek listrik di Riau.

Oleh:
Aji Prasetyo
Bacaan 2 Menit
Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah). Foto: RES
Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah). Foto: RES

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada salah satu anggota dewan. Ketua KPK Agus Rahardjo menyebut timnya memang melakukan kegiatan penindakan di Jakarta pada sore ini.

 

"Sejauh ini KPK mengamankan 9 orang, yang terdiri dari unsur anggota DPR-RI, staf ahli, supir dan pihak swasta," kata Ketua KPK Agus Rahardjo dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (13/7/201) malam.

 

Menurut Agus, penangkapan ini dilakukan setelah ada informasi dari masyarakat yang langsung dikonfirmasi tim di lapangan. Setelah itu, ternyata ditemukan bukti-bukti telah terjadi transaksi antara swasta dan penyelenggara negara.

 

"KPK mengamankan uang rupiah ratusan juta. Kami duga terkait dengan tugas di Komisi VII DPR-RI, BB (Barang Bukti) sementara Rp500 juta," ungkapnya.

 

Informasi yang diperoleh, anggota dewan yang ditangkap adalah Eni Maulani Saragih, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI. Sedangkan kasusnya sendiri berkaitan dengan proyek listrik di daerah Riau.

 

Wasekjen Partai Golkar, Maman Abdurrahman membenarkan adanya penangkapan yang dilakukan KPK kepada koleganya. Ia berada di lokasi kejadian ketika tim KPK melakukan kegiatan penindakan.

 

Menurut Maman, pada hari ini diadakan acara ulang tahun Raisa Ismani, anak dari Menteri Sosial Idrus Marham, yang juga merupakan politisi Partai Golkar. Acara yang diadakan di Rumah Dinas Mensos ini juga dihadiri sejumlah kolega.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait