Luthfi Hasan Bantah Cari Dana untuk Partai
Berita

Luthfi Hasan Bantah Cari Dana untuk Partai

Hanya mengakui pernah bertemu Yudi Setiawan membicarakan proyek di Kementan.

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Luthfi Hasan Bantah Cari Dana untuk Partai
Hukumonline

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq membantah bahwa dirinya mencari dana konsolidasi Pemilihan Umum 2014 untuk PKS dengan cara mengijon proyek di Kementerian Pertanian.

"Itu tidak benar, itu hanya asumsi orang tentang apa yang pernah terjadi, aslinya tidak pernah," kata Luthfi seusai diperiksa di KPK Jakarta, Rabu (17/7).

Luthfi menjadi saksi untuk tersangka direktur utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman dalam kasus suap penambahan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

Dalam dakwaan disebutkan bahwa Luthfi bersama rekannya Ahmad Fathanah bertemu dengan direktur PT Cipta Inti Permindi Yudi Setiawan pada 12 Juli 2012 untuk mengumpulkan dana Rp2 triliun untuk pemenuhan terget PKS dalam Pemilu 2014.

Dalam pertemuan, Yudi memaparkan rencana prediksi peroleh sumber dana beberapa proyek di tiga kementerian yaitu Kementerian Pertanian sebesar Rp1 triliun, Kementerian Sosial sebesar Rp500 miliar dan Kementerian komunikasi dan Informasi sebesar Rp500 miliar.

Yudi Setiawan bertugas menyiapkan dana untuk mengijon proyek, Luthfi mengawal proses melalui relasi di kalangan partai, kementerian dan DPR dan Ahmad Fathanah bertugas menjadi penghubung dan mengawal proses di lapangan serta mengatur distribusi dana untuk mendapatkan proyek-proyek tersebut.

"Dia (Yudi) jelaskan sebagai pengusaha, dia berpikir 'business opportunity' di sana ada, di sana ada, di sana ada, cuma begitu, kemudian keterangan itu disampaikan kepada saya dan saya tanggapi secara pasif, tidak ada respons," ungkap Luthfi.

Tags: