MA Lepas Keberangkatan Delegasi Indonesia pada Philip C. Jessup 2023
Terbaru

MA Lepas Keberangkatan Delegasi Indonesia pada Philip C. Jessup 2023

Para delegasi ini akan bertanding di putaran internasional awal April ini di Washington, D.C., Amerika Serikat.

Normand Edwin Elnizar
Bacaan 3 Menit
Delegasi Indonesia pada ajang Philip C. Jessup 2023 berfoto bersama Ketua MA M. Syarifuddin (tengah), Jumat (31/3/2023). Foto: NEE
Delegasi Indonesia pada ajang Philip C. Jessup 2023 berfoto bersama Ketua MA M. Syarifuddin (tengah), Jumat (31/3/2023). Foto: NEE

Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI) menyelenggarakan acara pelepasan para mahasiswa perwakilan Indonesia di Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2023 kemarin, Jumat (31/3/2023). Acara dihadiri Ketua Kamar Pembinaan MA Takdir Rahmadi, Ketua Kamar Perdata MA I Gusti Agung Sumanatha, para mahasiswa delegasi Indonesia dari Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Universitas Gadjah Mada (UGM), serta perwakilan pimpinan masing-masing fakultas.

Para delegasi ini akan bertanding di putaran internasional awal April ini di Washington, D.C., Amerika Serikat. “Kami mewakili Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para delegasi yang telah berprestasi dan memenangkan putaran nasional Philip C. Jessup 2023,” kata Hakim Agung I Gusti Agung Sumanatha dalam sambutan pembuka.

Baca Juga:

Philip C. Jessup tercatat sebagai kompetisi peradilan semu internasional terbesar dan tertua di dunia yang dikelola oleh International Law Students Association (ILSA). Kompetisi ini dibuat pada tahun 1959 oleh sekelompok mahasiswa hukum internasional dari Harvard Law School, Columbia Law School, Yale University, dan University of Virginia.

Tim Indonesia mulai berpartisipasi mengirim delegasi sejak tahun 2001. Penyelenggaraan putaran nasional Indonesia selanjutnya dikelola oleh Indonesian Society of International Law (INASIL) sejak tahun 2002.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada INASIL sebagai penyelenggara putaran nasional yang telah melaksanakan tugas dengan baik,” kata Agung Sumanatha.

Hukumonline.com

Suasana audiensi dan pelepasan bersama para mahasiswa delegasi Indonesia di gedung MA.

Sebelumnya, putaran nasional Philip C. Jessup 2023 pada Februari lalu diikuti oleh tim dari 21 Fakultas Hukum (FH) negeri dan swasta se-Indonesia. Hasil akhirnya memilih empat tim semifinalis putaran nasional yang akan mewakili Indonesia ke International Rounds masing-masing FH UPH, FH UNPAR, FH UNAIR, dan FH UGM. Pada putaran nasional gelar National Champion ini diraih FH UPH,  Runner Up diraih FH UNPAR, dan 2nd Runner Up diraih FH UNAIR.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait