Mekanisme Hukuman Mati KUHP Baru Hingga KPK Tahan Hakim Agung Gazalba
Terbaru

Mekanisme Hukuman Mati KUHP Baru Hingga KPK Tahan Hakim Agung Gazalba

Informasi lowongan kerja di 3 firma hukum, KUHP baru berlaku efektif tahun 2025, memahami pentingnya customer data protection dalam dunia usaha turut dibahas Hukumonline.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Redaksi Hukumonline menayangkan sejumlah artikel terkait isu hukum setiap harinya. Beragam isu hukum disajikan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami selalu menghiasi pemberitaan Hukumonline. Untuk Kamis (8/12/2022), Redaksi Hukumonline memilih 5 artikel pilihan yang layak untuk dibaca mulai mekanisme hukuman mati dalam UU KUHP baru hingga KPK tahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkaiit dugaan suap Rp2,2 miliar. Yuk, kita simak ringkasannya!

  1. Menilik Mekanisme Pidana Mati dalam KUHP Baru

Ada pergeseran paradigma dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru terlihat dari sejumlah pasal-pasalnya. Salah satunya soal pengaturan hukuman mati yang berbeda pengaturannya sebagaimana tertuang dalam Wetboek van Strafrecht alias KUHP sebelumnya yang berlaku selama ini. Lantas bagaimana pengaturan sanksi pidana mati dalam KUHP baru? Simak selengkapnya dalam artikel ini!    

  1. Berikut Informasi Lowongan Kerja di 3 Firma Hukum

Bekerja di firma hukum tentu identik dengan profesi lawyer. Akan tetapi, sama halnya dengan berbagai bidang usaha pemberi jasa lainnya, bagi sebuah firma hukum juga butuh bidang lain sebagagi supporting tugas-tugas lawyer. Seperti bidang Human ResourceSpecialist tertentu, Writers, dan lain sebagainya. Untuk itu, kali ini Hukumonline mengkompilasikan informasi lowongan pekerjaan non-lawyers dan lawyer pada 3 firma hukum edisi awal Desember 2022. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Ketua MPR: KUHP Baru Berlaku Efektif Tahun 2025

Keberhasilan pemerintah dan DPR dalam membahas dan menyetujui Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi UU dianggap bentuk kedaulatan bangsa dalam bidang hukum. “Pengesahan UU KUHP tersebut menunjukan kedaulatan bangsa dalam bidang hukum,” ujar Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022). Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. Memahami Pentingnya Customer Data Protection dalam Dunia Usaha

Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perlindungan data pribadi harus terus ditingkatkan. Kebocoran hingga kelalaian dalam menjaga data pribadi akan berdampak timbulnya kerugian materi hingga immateri bagi masyarakat. Sementara itu, pelaku usaha sebagai pengendali dan pemroses data juga berkewajiban menjaga data pribadi konsumennya. Untuk itu, terdapat ketentuan proteksi data pelanggan atau customer data protection yang harus dipatuhi para pelaku usaha. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

  1. KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh Terkait Dugaan Suap Rp2,2 Miliar

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Hakim Agung Gazalba Saleh (GS) yang sebelumnya sebagai tersangka dalam pengembangan kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Itulah 5 artikel pilihan Redaksi Hukumonline hari ini. Semoga highlight artikel tersebut dapat memberi informasi tambahan bagi Anda. Simak selengkapnya beragam artikel lainnya dalam Berita Hukumonline. Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait