Mempersiapkan Potensi Diri dan Karier Melalui DOLC 2020
Berita

Mempersiapkan Potensi Diri dan Karier Melalui DOLC 2020

​​​​​​​Perkembangan bisnis membuka kesempatan besar bagi para sarjana hukum untuk berkarier dan meningkatkan potensi diri.

CT-CAT
Bacaan 2 Menit
(Dari kiri ke kanan) Hendrik Silalahi (Waketum Bidang IV ILUNI FHUI), Adelle Dorothy (Project Officer), Ashoya Ratam (Ketua ILUNI FHUI), Kriswijoyo S (Divisi Mahasiswa & Alumni FHUI) dan Anisa Yusha (Plt BEM FHUI) dalam Pembukaan Days Of Law Career 2020. Foto: ILUNI FHUI
(Dari kiri ke kanan) Hendrik Silalahi (Waketum Bidang IV ILUNI FHUI), Adelle Dorothy (Project Officer), Ashoya Ratam (Ketua ILUNI FHUI), Kriswijoyo S (Divisi Mahasiswa & Alumni FHUI) dan Anisa Yusha (Plt BEM FHUI) dalam Pembukaan Days Of Law Career 2020. Foto: ILUNI FHUI

Kebutuhan akan tenaga profesional maupun ahli di bidang hukum sudah menjadi keniscayaan. Atas dasar itu, Departemen Pengembangan Karier BEM Fakultas Hukum Universitas Indonesia 2019 kembali mengadakan Days of Law Career (DOLC) di Kuningan City Ballroom, Jakarta, pada 13-15 Februari lalu.

 

Program rutin bertema ‘Prelude to a Greater Scope—Awal dari Hal-hal yang Lebih Besar’ ini bertujuan untuk membuka gerbang informasi bagi mahasiswa dan lulusan hukum di seluruh Indonesia dalam memahami peluang kerja di bidang hukum. Melalui acara ini, para peserta juga diarahkan untuk menggali minat dan kemampuan, agar nantinya dapat menemukan pekerjaan yang sesuai.

 

Dalam sambutannya, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI), Ashoya Ratam mengatakan, DOLC menjadi sarana baik bagi mahasiswa dalam mempersiapkan potensi diri dan karier. Dalam DOLC terdapat serangkaian kegiatan, seperti sharing dengan para alumni, workshop dengan beberapa firma hukum, job fair, hingga walk in interview.

 

“Semakin banyak diperlukan tenaga atau ahli di bidang hukum yang profesional dan tangguh sebagai bagian integral dari setiap transaksi bisnis maupun lembaga; atau instansi pemerintah yang akumulasinya menggerakan roda ekonomi. Dengan tagline ‘Seize Your Opportunity’, kami ingin mengajak para peserta untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan DOLC,” kata Ashoya.

 

Setelah menyelesaikan dunia akademis, lanjut Ashooya, sebagian besar lulusan hukum akan segera memasuki dunia kerja. Bahkan, ada juga yang melanjutkan studi ke strata dua (S2). Terkait hal ini, Ashoya memberikan tips dan trik bagi mahasiswa yang ingin memupuk karier sejak awal.

 

Pertama, mencanangkan visi-misi ke depan. Kedua, menentukan rencana jangka pendek, menengah, dan panjang. Ketiga, mengeksplorasi kemampuan, kelebihan, dan kekurangan. Keempat, mempersiapkan diri untuk berkompetisi secara positif. Kelima, tekun dan memperkuat ketahanan bekerja. Keenam, mengasah kemampuan leadership dan team work. Dan terakhir, mempersiapkan kebahagiaan diri maupun orang lain.

 

Sebagaimana diketahui, zaman terus berubah. Dari tahun ke tahun, sektor-sektor kehidupan manusia terus berkembang dan memperbarui diri. Tidak terkecuali, sektor ekonomi-bisnis baik di Indonesia maupun secara global. Dalam situasi di mana pertumbuhan ekonomi melahirkan kesempatan baru serta persaingan pasar yang semakin ketat, diperlukan tatanan regulasi yang tepat sebagai acuan dasar yang mengatur cara masyarakat bertransaksi. Acuan inilah yang kemudian dapat digunakan pemerintah dalam menata negara, melalui lembaga atau institusi yang ada; serta menjadi pijakan bagi lembaga non-pemerintah lainnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait