Terbaru

Mengenal Kode Plat Khusus ‘RFS’ Milik Pejabat dan Masyarakat Umum

Masyarakat umum yang menggunakan kode plat khusus ini tidak mendapatkan fasilitas yang didapatkan layaknya plat nomor RFS versi pejabat negara.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Mengenal Kode Plat Khusus ‘RFS’ Milik Pejabat dan Masyarakat Umum
Hukumonline

Pengemudi mobil plat khusus pejebat viral, usai video berkelahinya dengan seseorang pengendara beredar di media sosial. Plat mobil yang tersorot di dalam video tersebut menjadi pembicaraan publik lantaran plat tersebut merupakan kode plat khusus yang tidak sembarangan orang bisa menggunakannya.

Kode plat khusus tersebut berakhiran ‘RFS’ yang hanya diberikan kepada kalangan tertentu dan tidak umum digunakan pada masyarakat umum. Penggunaan kode plat khusus diatur dalam Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Khusus dan Rahasia Bagia Kendaraan Bermotor Dinas.

Pasal 1 angka 7 Peraturan Kapolri No. 3 Tahun 2012 menjelaskan TNKB adalah tanda bentuk plat yang dipasang pada kendaraan bermotor, berfungsi sebagai bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor berisikan nomor registrasi dan masa berlaku yang diterbitkan oleh Polri dengan spesifikasi teknis tertentu.

Baca:

TNKB Rahasia adalah TNKB dengan spesifikasi tertentu serta nomor registrasi dan huruf seri tertentu yang ditentukan oleh masing-masing Polda dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan bermotor yang digunakan petugas intelijen dan penyidik Polri.

Sementara itu, TNKB khusus adalah TNKB dengan spesifikasi tertentu serta nomor registrasi khusus yang diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada Kendaraan Bermotor dinas yang digunakan pejabat pemerintah.

Kode plat khusus berakhiran ‘RF’ merupakan singkatan dari Reformasi dan merupakan plat kendaraan yang digunakan oleh pejabat di instansi pemerintahan dan memiliki kode yang bermacam-macam.

Tags:

Berita Terkait