Mengenal Lebih Dekat Instrumen Pasar Uang dan Peranan Konsultan Hukum
Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Instrumen Pasar Uang dan Peranan Konsultan Hukum

Pasar uang memiliki berbagai fungsi. Seperti likuiditas atau jembatan antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana dalam jangka pendek, hingga sebagai sarana implementasi kebijakan moneter dan fiskal.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Seminar bertajuk Perkembangan Terbaru Terkait Penerbitan Instrumen dan Transaksi Pasar Uang di Indonesia yang diselenggarakan Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM), Rabu (15/5/2024). Foto: MJR
Seminar bertajuk Perkembangan Terbaru Terkait Penerbitan Instrumen dan Transaksi Pasar Uang di Indonesia yang diselenggarakan Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM), Rabu (15/5/2024). Foto: MJR

Seiring perkembangan ekonomi global, penguatan pasar uang Indonesia menjadi hal penting untuk menjadi sumber pembiayaan dunia bisnis nasional sekaligus memperkuat stabilitas moneter dan sistem keuangan. Pengaturan pasar uang sendiri terdapat pada UU No. 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Dalam Pasal 1 angka 13, definisi pasar uang adalah bagian sistem keuangan yang berkaitan dengan penerbitan dan perdagangan instrumen keuangan atau efek bersifat utang yang berjangka waktu tidak lebih dari satu tahun, transaksi pinjam meminjam uang, transaksi derivatif suku bunga dan transaksi lainnya yang memenuhi karakteristik di pasar uang dalam Rupiah atau valuta asing (valas).

“Pengertian umum pasar uang adalah tempat di mana suatu pihak meminjam dana dari pihak lainnya pada tingkat bunga tertentu dan untuk jangka waktu di bawah satu tahun,” ujar Deputi Direktur Grup Pengembangan Pelaku dan Infrastruktur PUVA Bank Indonesia, Dopul Rudy Tamba dalam acara seminar ‘Perkembangan Terbaru Terkait Penerbitan Instrumen dan Transaksi Pasar Uang di Indonesia’ yang diselenggarakan Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM), Rabu (15/5/2024).

Rudy mengatakan, pasar uang memiliki berbagai fungsi. Yaitu likuiditas atau jembatan antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana dalam jangka pendek. Pasar uang juga berfungsi sebagai instrumen investasi atau dan diversifikasi portofolio. Kemudian, pasar uang juga dapat berfungsi sebagai sarana implementasi kebijakan moneter dan fiskal.

Baca juga:

Instrumen pasar uang sendiri terdiri antara lain banker’s acceptance, sertifikat deposito, surat perbendaharaan negara atau treasury bills, surat berharga komersial (SBK) atau commercial paper, repurchase agreements (Repo), transaksi pasar uang antar bank atau call money serta instrumen operasi moneter atau central bank bills.

Sama halnya dengan pasar modal, dalam kegiatan pasar uang terdapat peran konsultan hukum sebagai profesi penunjang pada instrumen tersebut. Rudy menyampaikan konsultan hukum berperan menyusun opini atas aspek hukum dari korporasi non-bank yang mengajukan pendaftaran penerbitan SBK.

Tags:

Berita Terkait