Mengenal Posisi Legal Manager dan Skill yang Dibutuhkan
Terbaru

Mengenal Posisi Legal Manager dan Skill yang Dibutuhkan

Legal manager memberikan pengawasan dan saran untuk perusahaan atau bisnis. Posisi ini harus berpengalaman dengan UU dan peraturan bisnis seputar keuangan, ekonomi, ketenagakerjaan, dan sumber daya manusia.

Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Hukumonline
Hukumonline

Legal manager merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk menangani semua perjanjian bisnis serta bertanggung jawab dalam mengelola dan menangani masalah hukum dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Di dalam dunia bisnis, aspek hukum berperan penting untuk memastikan keberlangsungan dan kepatuhan perusahaan agar tercipta bisnis yang berkelanjutan. Oleh karenanya, diperlukan peran legal manager yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam hal hukum bisnis ini.

Dalam bisnis, masalah hukum yang akan timbul selama operasional perusahaan, seperti sengketa bisnis, kontrak, dan lisensi berkemungkinan besar akan terjadi. Untuk itu, posisi ini berperan dalam menangani masalah hukum yang mungkin akan timbul.

Baca Juga:

Mengenai tugas dan tanggung jawab seorang legal manager haruslah memiliki hal berikut:

  1. Legal manager bertanggung jawab terhadap seluruh aspek legalitas perusahaan yang berkaitan dengan surat perizinan.
  2. Legal manager bertanggung jawab terhadap seluruh aset dan dokumen legalitas perusahaan.
  3. Legal manager bertanggung jawab terhadap identitas hukum perusahaan seperti NIB, anggaran dasar, dan dokumentasi hukum perusahaan lainnya.
  4. Legal manager harus mampu memberi saran atau pertimbangan dari sisi legalitas terhadap semua perjanjian kontrak dengan klien atau rekanan perusahaan.
  5. Legal manager harus menangani semua perjanjian bisnis dan perjanjian kredit.
  6. Legal manager harus menyiapkan data yang diminta oleh pihak internal maupun pihak eksternal.

Untuk menjadi legal manager, seseorang harus memiliki pendidikan yang memadai dan pengalaman pekerjaan yang relevan dalam bidang ilmu hukum. Biasanya posisi legal manager telah memiliki pengalaman kerja minimal 5-7 tahun dalam bidang hukum bisnis atau korporasi.

Berada di posisi ini mewajibkan legal manager memiliki pengalaman yang baik tentang industri tempat perusahaan beroperasi, karena ini akan membantu dalam memahami risiko dan peraturan terkait dengan industri.

Sama halnya dengan posisi ilmu hukum lainnya, legal manager perlu memiliki pengetahuan yang mendalam tentang undang-undang dan peraturan yang berlaku di bidang bisnis atau korporasi. Posisi ini menuntut seorang legal manager untuk selalu memperbarui pengetahuan mereka tentang perusahaan terbaru dalam undang-undang dan regulasi.

Sebagai legal manager, posisi ini membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang mumpuni, keterampilan negosiasi yang kuat, dan keterampilan komunikasi yang baik. Keseluruhan keterampilan ini nantiya akan berdampak pada manajemen perusahaan.

Tags:

Berita Terkait