Mengintip Strategi FH Universitas Trunojoyo Unggul di Bidang Hukum Pembangunan Desa
Terbaru

Mengintip Strategi FH Universitas Trunojoyo Unggul di Bidang Hukum Pembangunan Desa

Terlihat dari visi dan misinya serta terus menjalin kerja sama dengan para alumni secara rutin dalam mendukung para mahasiswa.

Mochamad Januar Rizki
Bacaan 3 Menit
Dekan Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura, Erma Rusdiana . Foto: RES
Dekan Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura, Erma Rusdiana . Foto: RES

Fakultas Hukum (FH) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menjadikan hukum pembangunan desa sebagai bidang spesialisasi keunggulan lembaga ini. FH UTM memiliki target yang menjadi rujukan nasional dan internasional sebagai fakultas hukum yang kuat dalam mencetak ahli hukum hingga usulan kebijakan yang berwawasan pembangunan desa.

“Keunggulan kami, FH Trunojoyo Madura, yaitu hukum di bidang pembangunan desa. Hal itu kami tuangkan dalam beberapa mata kuliah sehingga FH UTM dapat jadi rujukan bidang hukum pembangunan desa,” ujar Dekan FH UTM, Erma Rusdiana kepada Hukumonline, Selasa (3/10/2023) pekan lalu.

Arah FH UTM sebagai fakultas hukum yang unggul pada bidang pembangunan desa terlihat dalam visi-misinya. Kampus hukum di pulau garam itu memiliki misi menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Khususnya untuk pengembangan ilmu hukum yang relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional, regional, dan global yang berorientasi pada peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat dengan berbasis kearifan lokal dan potensi Madura.

Selain itu, FH UTM juga memiliki misi menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui publikasi dan implementasi guna mengembangkan kearifan lokal yang berkelanjutan. Erma menerangkan, untuk mendukung tujuan FH UTM tersebut, terdapat program studi S1 dengan tiga kekhususan. Yakni perdata, pidana dan hukum tata negara dan hukum administrasi negara. Program studi tersebut memiliki sebanyak 46 dosen bergelar doktor dan lima orang profesor.

Baca juga:

FH UTM juga memantau rutin perkembangan mutu pendidikan para mahasiswanya. Erma menjelaskan pihak universitas memiliki satu unit khusus untuk menangani pendidikan dan pengembangan karakter. Selain itu, FH UTM pun menjalin kerja sama dengan para alumni secara rutin dalam mendukung para mahasiswa.

“Kami rutin sarasehan dengan alumni. Kami harapkan alumni tetap peduli membina adik-adiknya dan ikut membantu mereka seperti saat mempersiapkan kompetisi internasional dan nasional. Kami harap mahasiswa dapat bersaing dengan baik dan mampu menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas,” katanya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait