Mengulas Strategi Kepatuhan Perusahaan dalam Aktivitas di Pasar Modal
Info Hukumonline

Mengulas Strategi Kepatuhan Perusahaan dalam Aktivitas di Pasar Modal

Webinar ini bertujuan untuk memahami lebih dalam kegiatan pasar modal mengenai transaksi yang terjadi dalam rangka menjaga industri pasar modal yang sehat dan menjaga kepatuhan hukum korporasi dari pelanggaran dan kejahatan aktivitas pasar modal.

Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Mengulas Strategi Kepatuhan Perusahaan dalam Aktivitas di Pasar Modal
Hukumonline

Dalam konteks pasar modal yang dinamis, pemahaman tentang compliance adalah fondasi yang sangat penting bagi perusahaan terbuka. Transaksi afiliasi, benturan kepentingan, transaksi material, adalah area kritis yang memerlukan pemahaman yang mendalam tentang compliance.

Untuk mengatasi tantangan dalam mematuhi compliance, perusahaan perlu mengadopsi beberapa strategi yang efektif. Kebijakan dan prosedur perusahaan diwajibkan jelas jelas sesuai dengan regulasi pasar modal yang berlaku. Ini termasuk prosedur untuk mengelola transaksi afiliasi, mengatasi benturan kepentingan, dan melaporkan transaksi material.

Selain itu, pelatihan yang teratur harus diselenggarakan untuk memastikan semua pihak memahami pentingnya compliance dan tanggung jawab mereka dalam menjalankannya.

Berkaitan dengan persoalan pasar modal, Hukumonline bermaksud untuk menyelenggarakan Webinar Hukumonline 2024: Manajemen Risiko dan Kewajiban Hukum dalam Aktivitas Pasar Modal yang akan diadakan pada Selasa, 26 Maret 2024 melalui platformZoom Webinar. Dalam webinar kali ini akan mengikutsertakan narasumber yang kompeten, dan merupakan praktisi hukum yang berasal dari Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Pendidikan dan Kompetensi Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM)Sampurno Budisetianto.

Kami membuka pendaftaran Webinar ini bagi yang berminat. Jangan sampai melewatkan kesempatan ini, tempat terbatas, first come first served! Jika Anda tertarik, silahkan klik di sini atau klik gambar di bawah ini!

Hukumonline.com

Sebagaimana diketahui, agar dapat mematuhi compliance dengan efektif, perusahaan harus menginvestasikan sumber daya dalam sistem dan teknologi yang dapat membantu mereka memantau dan melacak transaksi, mendeteksi anomali, dan mengidentifikasi potensi pelanggaran. Selain itu, mereka harus membangun budaya perusahaan yang mendorong integritas, transparansi, dan akuntabilitas di semua tingkatan organisasi. Ini termasuk menetapkan standar tinggi untuk perilaku etis dan memberikan insentif yang tepat untuk mematuhi kebijakan dan prosedur yang ditetapkan.

Selain strategi dan langkah-langkah pencegahan, monitoring terus-menerus juga sangat penting dalam menjaga compliance. Pasar modal terus berkembang, dan risiko baru dapat muncul kapan saja. Oleh karena itu, perusahaan perlu memiliki sistem pemantauan yang canggih untuk mendeteksi potensi pelanggaran atau ketidaksesuaian dengan kebijakan dan regulasi. Dengan pemantauan yang efektif, perusahaan dapat menanggapi perubahan kondisi pasar dengan cepat dan mengurangi risiko pelanggaran.

Membangun kesadaran dan pemahaman tentang compliance di seluruh organisasi adalah langkah kunci dalam memastikan kepatuhan yang berkelanjutan. Perusahaan perlu menyediakan program pelatihan rutin untuk semua karyawan, terutama mereka yang terlibat dalam transaksi atau pengambilan keputusan pasar modal. Edukasi ini dapat membantu mendorong budaya kepatuhan di internal perusahaan, di mana setiap individu memahami tanggung jawab mereka dalam menjaga integritas pasar modal.

Dalam upaya mencapai kepatuhan yang optimal dalam pasar modal, perusahaan harus mengadopsi pendekatan holistik yang melibatkan strategi pencegahan, pemantauan terus-menerus, kerjasama dengan pihak berwenang, edukasi, dan penegakan hukum yang konsisten. Semua elemen ini bekerja bersama untuk menciptakan ekosistem pasar modal yang aman, adil, dan terpercaya. Dengan kesadaran akan risiko dan konsekuensi pelanggaran yang mendalam, serta komitmen terus-menerus untuk mematuhi aturan, pasar modal dapat berfungsi sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi dan memberikan manfaat jangka panjang bagi semua pesertanya.

Tags:

Berita Terkait